School of Information Systems

Cara Meningkatkan Bisnis dengan Sistem Informasi

Sistem Informasi dalam bisnis adalah Suatu sistem dalam organisasi yang menentukan kebutuhan pengolahan transaksi harian dan mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi. Di dalam organisai atau perusahaan sangat penting dalam mengelola sumber daya, tapi saat ini juga informasi merupakan sumber daya yang tidak kalah pentingnya.

Sekarang ini, teknologi informasi dipentingkan bagi dunia usaha dan seiring dengan persaingan dunia usaha yang semakin ketat membuat perusaha-perusahaan, baik besar maupun kecil menggunakan sistem informasi agar mendapatkan informasi yang cepat dan akurat dan waktu yang efisien dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Sistem informasi juga membantu untuk menyediakan produk dan layanan yang memberikan keuntungan lebih strategi dibandigkan pesaing lainnya. Sistem informasi juga dapat menigkatkan proses bisnis dan membangun sumber daya informasi bagi sebuah perusahaan.

  • Pengertian Sistem Informasi Secara Umum

Sistem Informasi Managemen adalah sistem perencanaan di dalam perusahaan yang berkaitan dengan pengendalian internal seperti pemanfaatan sumber daya, dokumen, teknologi dan akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi dalam bisnis.Sistem Informasi managemen dalam bisnis juga bertujuan untuk mengumpulkan, memproses dan menganalisa informasi untuk disebarkan dengan tujuan yang spesifik.

Managemen Sistem Informasi juga berguna untuk pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi atau perusahan. Cara kerja Sistem Informasi Managemen, dimulai dari pemrosesan data kemudian disimpan dalam database.

  • Tujuan Sistem Informasi Managemen

Sistem Informasi Managemen memiliki tujuan untuk menerapkan struktur organisasi perusahaan, dengan tujuan untuk mengelola organisasi lebih baik dengan cara menangkap potensi sistem informasi untuk keunggulan yang lebih kompetetif, selain itu sistem informasi juga memiliki tujuan untuk merancangkan prosedur dan rutinitas yang memberikan laporan sesuai rinci secara akurat.

Ada beberapa tujuan dari sebuah sistem informasi adalah menangkap data, yaitu menangkap data atau informasi yang bersifat operasional dan mengikut serta dalam mengambil suatu keputusan dari berbagai sumber internal maupun eksternal. Tujuan yang kedua yaitu pengolahan data, karena data yang diolah akan menjadi informasi, dan informasi itu sangat penting untuk diperlukan sebagai perencanaan, pengorganisasian,dll. ketiga adalah penyimpanan, penggunaan, dan penyebaran informasi, setelah semua data dan informasi diolah selanjutnya itu semua disimpan untuk digunakan dimasa yang akan datang.

Beberapa contoh Penerapan Sistem Informasi dalam Bisnis Karir : 

1. Enterprise Resource Planning (ERP) Sistem ini banyak digunakan oleh perusahaan besar, biasanya sistem ini digunakan untuk mengelola sistem managemen dan melakukan pengawasan antar unit di dalam perusahaan.

2. Supply Chain Management (SCM)

Sistem ini sangat berguna untuk pihak managemen karena mengintregasikan data-data.

3. Transaction Possessing System (TPS) Sistem ini berguna untuk memproses data dalam jumlah besar atau transaksi yang banyak, biasanya digunakan dengan manajemen gaji dan inventaris.

4. Office Automation System (OAS) Sebuah aplikasi yang berguna untuk memperlancar komunikasi antar organisasi di dalam suatu perusahaan dengan cara menghubungkan server-server computer pada tiap user di perusahaan.

5. Knowledge Work System (KWS) Sistem Informasi yang mengintegrasikan pengetahuan ke dalam organisasi.

6. Informatic Management System (IMS)

Sistem yang mendukung tugas-tugas dalam sebuah organisasi. biasa digunakan untuk membantu menganalisa pembuatan suatu keputusan.

7. Decicion Support System (DSS) Sistem yang membantu manager dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati lingkungan dalam sebuah organisasi.

8. Expert System (ES) dan Artifical Intelegent (AI)

Sistem ini digunakan untuk menganalisa pemecahan suatu masalah dengan menggunakan pengetahuan tenaga ahli.

9. Group Decision Support System (GDSS) dan Computer Support Collaborative Work System (CSCWS) ini hamper sama seperti DDS, bedanya yaitu GDDS mencari solusi untuk penyelesaian suatu masalah melalui pengumpulan pengetahuan dalam satu kelompok.

10. Executive Support System (ESS)

Sistem ini biasanya digunakan oleh manager untuk berinteraksi dengan lingkungan perusahaan dengan menggunakan bantuan grafik. Sistem ini digunakan untuk memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan.

Peran Sistem Informasi dan Teknologi memberikan 4 peran utama di dalam organisasi bisnis (perusahaan) yaitu untuk meningkatkan:

  1. Efisiensi, menggantikan manusia dengan teknologi sehingga dapat memudahkan pekerjaan.
  2. Sistem Informasi ini digunakan untuk pengambilan keputusan agar lebih efektif.
  3. Untuk memudahkan komunikasi dan mempercepat pengambilan keputusan.
  4. Kompetitif, meningkatkan daya saing perusahaan di dalam era persaingan yang semakin keras.

Manfaat system informasi manajemen dalam dapat membantu perusahaan : 

  1. Meningkatkan efisiensi operasinal
  2. Memperkenalkan inovasi bisnis
  3. Membangun sumber-sumber informasi

Sistem informasi manajemen adalah sistem yang memberikan informasi yang menyeluruh secara rasional dan mampu meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas kriteria yang telah ditetapkan.

Referensi :

  • Jurnal.id
  • Maxmanroe.com
  • Alympics30.com
  • www.academia.edu
Andreas Raharto Condrobimo