School of Information Systems

Telekomunikasi, Internet, dan Teknologi Wireless

Telekomunikasi adalah suatu Teknik pengiriman informasi dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Telekomunikasi dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

1. Komunikasi Satu Arah : Pengirim dan penerima tidak bias melakukan komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.

Contoh : Radio, Televisi, dll.

2. Komunikasi Dua Arah : Pengirim dan penerima bias melakukan komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.

Contoh : Telepon dan VOIP

3. Komunikasi Semi Dua Arah : Pengirim dan penerima berkomunikasi secara bergantian tapi tetap berkesinambungan.

Contoh : Handy Talkie, Chat, FAX

Internet adalah suatu jaringan yang menghubungkan computer dengan computer yang lain melalui sistem global Transmission Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol Suite (IP)

Wireless adalah jaringan yang digunakan dengan gelombang elektromagnetik sebagai media pengganti kabel. Suatu computer bias menggunakan jaringan Wireless karena computer tersebut mempunyai adapter Wireless, dan adaptor Wireless akan mendeteksi apakah disekitar Komputer ada jaringan Wireless. Setelah adapter Wireless mendeteksi adanya jaringan Wireless, cara selanjutnya yaitu sign in dan otentikasi pengguna.

Jaringan komputer terdiri dari 2 Komputer atau lebih yang terkoneksi, dan komponen dasarnya mencakup ( Server dan Client ), antarmuka jaringan, medium koneksi, perangkat lunak system operasi jaringan, dan satu hub atau switch. Teknologi jaringan kontemporer terbentuk dengan adanya server atau client computing , packet switching dan Transmission Control Protocol/Internet Protocol.

Jaringan terbagi menjadi 3, yaitu Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), Metropolitan Area Network (MAN). Local Area Network adalah penghubungan computer dan alat digital lainnya dengan radius 500 meter, dan LAN biasanya digunakan oleh banyak perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menggunakan komputer. Wide Area Netwok (WAN) adalah penjangkauan rentang geografis yang lebih jauh, misalnya dari beberapa mil hingga benua. Dan biasanya WAN merupakan jaringan yang tertutup. Sedangkan Metropolitan Area Network (MAN) hanya menjangkau satu perkotaan.

Setiap Internet / Wireless mempunyai kode IP nya masing-masing dan kode IP merupakan sebuah angka. Domain Name System (DNS) dapat mengkonversi IP addresses menjadi nama domain yang lebih mudah untuk dikenali oleh penggunanya. Layanan internet yang utama mencakup e-mail, newsgroups, chatting, Instant messaging, Telnet, FTP, dan Web.

Halaman Web didasarkan oleh Hypertext Markup Language (HTML) yang dapat menampilkan tulisan, gambar, video, dan audio. Perusahaan juga sudah mulai melakukan

penghematan penggunaan VOIP untuk transmisi suara serta penggunaan VPN sebagai alternative yang lebih mudah dibandingkan WAN tertutup.

Jaringan 3G mempunyai kecepatan 144 Kbps hingga 2 Mbps. Sedangkan 4G mempunyai kecepatan hingga 100 Mbps. Standar jaringan nirkabel komputer adalah Bluetooth (802.15) untuk Personal Area Networks (PAN) dan ini masih dalam skala kecil, WiFi (802.11) untuk LAN, dan WiMax (802.16) untuk MAN. Sistem Radio Frequency Identification (RFID) adalah teknologi tercanggih untuk melacak pergerakan barang dan melewatkan data itu melalui jaringan ke kumputer untuk pemrosessan lebih lanjut lagi.

Referensi

  • https://arifudin12tel3.wordpress.com/pengertian-telekomunikasi/
  • https://idcloudhost.com/pengertian-dan-perbedaan-dari-internet-dan-intranet/
  • http://www.pengertianku.net/2015/01/pengertian-wireless-dan-cara-kerjanya-lebih-lengkap.html
ISA

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031