Kompetitor Bisnis
Selain memiliki skill manajerial yang memadai, seorang pelaku usaha hendaklah juga memiliki insting atau naluri bisnis yang tajam. Insting yang kuat tidak hanya diperlukan untuk menangkap peluang yang ada, namun juga dalam hal menghadapi persaingan bisnis. Persaingan dalam bisnis adalah hal yang lumrah, karena dengan adanya kompetitor bisnis akan memacu semangat pengusaha untuk melakukan yang terbaik dan berkompetisi secara sehat.
Contoh nyata yang ada pada kehidupan kita sehari – hari adalah kompetisi dua ritel besar, Alfa dan Indomart. Pada sebuah lokasi dimana ada outlet Alfamart maka tidak jauh dari tempat tersebut berdiri outlet Indomart. Sering juga ditemukan outlet tersebut letaknya saling berhadapan, dan sama-sama memiliki pelanggan setia.
Alasan Mengapa Dibutuhkan Kompetitor Bisnis
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa dibutuhkannya kompetitor bisnis:
- Memicu ide kreatif
Dengan adanya kompetitor dengan bisnis sejenis yang Anda lakukan, mau tidak mau Anda harus terus berpikir agar bisnis Anda tetap survive bahkan mungkin berkembang. Berada dalam ‘tekanan’ seperti ini akan memacu pola pikir Anda untuk berkembang sehingga dapat memicu ide-ide baru yang kreatif. Jika Anda tidak memiliki pesaing, maka Anda akan terus berada di zona nyaman sehingga tidak terbersit untuk mengembangkan inovasi baru dan bisnis berjalan stagnan
- Meningkatkan layanan pelanggan
Pelayanan yang ramah dan bersikap hangat pada konsumen akan memberikan nilai lebih pada usaha Anda. Menyediakan layanan terbaik dengan memahami kebutuhan konsumen akan membuat mereka merasa nyaman di tempat Anda. Seringkali terjadi sebuah usaha yang tidak memiliki pesaing memberikan layanan yang asal-asalan pada konsumennya. Akibatnya konsumen merasa kecewa dan ketika muncul kompetitor maka perlahan-lahan konsumen tersebut akan beralih pada kompetitor yang memberikan layanan lebih baik.
- Meningkatkan kredibilitas
Persaingan bisnis yang sangat ketat memungkinkan pelanggan untuk melihat kredibilitas usaha Anda secara menyeluruh dan membandingkannya dengan pesaing di sekitar Anda. Dengan memiliki kredibilitas yang baik maka bisnis dapat tumbuh dengan pesat karena kepercayaan konsumen juga meningkat.
- Lebih fokus
Dorongan untuk mencapai sesuatu yang lebih banyak dapat membuat Anda kehilangan fokus pada bisnis yang dijalani. Salah satu contohnya adalah mendirikan banyak bisnis saat bisnis pertama yang dijalaninya tengah berkembang. Belum tentu beberapa bisnis baru tersebut dapat dikelola dengan maksimal, justru hanya membuat Anda khilangan fokus. Adanya kompetitor akan mendorong Anda untuk lebih fokus mencapai tujuan.