School of Information Systems

e-Bisnis Melalui Sosial Media

Penemuan Internet menciptakan jenis baru komunikasi virtual dan komunitas virtual. Jejaring sosial virtual adalah bagian dari media sosial. Pengguna dapat terhubung bersama jauh dari keterbatasan waktu dan tempat, budaya dan kelas sosial. Ponsel adalah alat cepat untuk bergabung dengan komunitas hebat ini. Ponsel menjadi lingkungan bisnis terbesar di dunia. Menurut International Telecommunications Union pada tahun 2010, pada tahun 2005, hampir dua miliar orang menggunakan jaringan telepon seluler dan pada akhir 2011, sumber yang sama mengatakan bahwa jumlah pelanggan mencapai enam miliar, ini berarti bahwa pelanggan telah naik tiga kali lipat. Ponsel dan programnya menawarkan lebih banyak fitur selain dari mendapatkan pelanggan. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan selama membeli atau menggunakan produk karena mereka dapat mencari informasi atau bertukar ide. Ponsel adalah perangkat yang tersedia untuk pelanggan dan menyediakan jalur komunikasi antara pelanggan dan penjual menjadikannya aksesori yang ideal untuk penjualan jarak jauh atau penjualan fisik. Salah satu efek terbesar Internet pada bisnis adalah mengurangi biaya bagi konsumen seperti Lebih banyak variasi produk, menawarkan harga yang lebih rendah, memberdayakan pelanggan untuk membuat pilihan yang lebih baik dan meningkatkan komunikasi dengan merek setelah pembelian. Instagram diadaptasi oleh 67 persen merek terbesar di dunia. Hasil survei menunjukkan bahwa Instagram adalah jejaring sosial dengan laba atas investasi tertinggi untuk perusahaan. Internet di lingkungan bisnis internasional dianggap sebagai inovasi penting dan telah menjadi alat yang sangat penting dalam menjalankan bisnis internasional di abad ke-21. Sumber daya ini mencari keharmonisan dan mengendalikan kegiatan kerja model bisnis.

  • Manfaat dari E-bisnis adalah:

a) Peningkatan volume penjualan,

b) Kepercayaan,

c) Kesadaran merek,

d) Layanan yang berkelanjutan dan ditingkatkan,

e) Informasi yang diperbarui,

f) Pengembangan bisnis dan

g) Hubungan yang berkelanjutan dengan pemangku kepentingan.

  • Hambatan untuk pengembangan E-bisnis adalah:

a) Kurangnya komunikasi social,

b) kurangnya kesadaran publik tentang kemampuan dan keterbatasan E-bisnis,

c) kurangnya informasi yang berguna dalam jaringan informasi bisnis,

d) kurangnya kerjasama dari institusi terkait,

e) kurangnya perangkat keras dan perangkat lunak,

f) Infrastruktur telekomunikasi,

g) Tidak menyebarkan budaya jual beli online.

Instagram adalah jaringan berbagi foto untuk berbagi foto dan video pendek dengan orang lain. Jejaring sosial tempat gambar untuk dibagikan, termasuk Instagram, adalah cara yang bagus bagi perusahaan untuk memasarkan dengan biaya rendah dan dalam lingkungan di mana kualitas di antara pelanggan sangat penting dan juga memiliki keuntungan yang besar. Jejaring sosial didasarkan pada berbagi foto sebagai alat untuk optimasi mesin pencari (SEO) yang berkembang dari hari ke hari dan popularitasnya semakin meningkat.

REFERENCES :

Auramo, J. (2005), “Capturing the Potential of e-Business in Supply Chain Management”, Thesis, Helsinki University of Technology, Available at: http://legacytuta. hut.fi/logistics/publications/licentiate_ Auramo_ebusiness_in_SCM.pdf

Ström, R., Vendel, M. and Bredican, J., (2014). Mobile marketing: A literature review on its value for consumers and retailers. Journal of Retailing and Consume r Services, 21(6), pp.1001-1012.

Anderes Gui