School of Information Systems

USABILITY TESTING TOOLS

Usability Testing adalah salah satu jenis testing terhadap suatu produk atau jasa kemudahan penggunaannya. Tujuannya adalah untuk mencari permasalahan kegunaan, mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, serta menentukan kepuasan pengguna dengan produk terkait. Pada proses ini, orang yang mengadakan testing dapat menyaksikan user berinteraksi dengan prototype yang disediakan. Sehingga hasil yang didapatkan dari usability testing yaitu terkait user experience, apakah desain dari produk mudah digunakan atau tidak mudah digunakan oleh calon pengguna. Berikut adalah beberapa usability testing tools yang menawarkan banyak cara untuk mengetahui bagaimana user berinteraksi dengan prototype:

a. Userlytics (Mobile Usability Testing)

Userlytics memungkinkan UI/UX Designer dan Product Manager untuk merancang dan mengupload skrip pengujian pengguna. Nantinya mereka dapat memilih aset untuk diuji dan menyiapkan sesi pengujian jarak jauh, dimana untuk partisipan pengguna kakan disiapkan dari Userlytics. Setelah proses pengujian selesai, penguji akan menerima video pengujian yang dapat menjadi bahan untuk analisa. Userlytics merupakan usability testing tools berbayar dengan jangkauan harga $49 – $99. Penggunaan Userlytics cocok untuk testing yang tidak dimoderasi dan penggunanya dari kalangan luas.

b. Applause (Mobile Usability Testing)

Applause adalah penyedia tester terbanyak yang memiliki komunitas dari berbagai pakar di dunia yang mampu memberikan penilaian yang terpercaya. Keuntungan dari menggunakan Applause dibandingkan dengan tools lainnya adalah dapat menguji aplikasi di hampir semua perangkat, di negara mana pun, dan memiliki demografis serta waktu tertentu. Sehingga hasil yang didapatkan akan lebih beragam dan mempermudah pendetailan peningkatan yang diperlukan. Selain itu, Applause juga menyediakan pilihan pengejuian manual atau otomatis serta penilaian aksesibilitas.

c. UsabilityHub (Desktop Usability Testing)

UsabilityHub adalah platform usability testing yang memungkinkan desainer UI/UX membuat keputusan desain yang meyakinkan dengan data ekstensif dan pengujian pengguna jarak jauh. Fitur akan menampilkan beberapa tes kepemilikan yang menarik dan berguna, seperti tes lima detik, tes klik, tes navigasi, tes pertanyaan dan tes preferensi. Selain itu, UsabilityHub juga beroperasi sebagai hub tempat pemilik produk dan penguji dapat berkumpul dan berkolaborasi. Harga yang ditawarkan mulai dari gratis hingga $396/bulan. UsabilityHub menjadi pilihan tools yang cocok apabila proses usability testing ingin dilakukan secara cepat dan tidak dimoderasi.

d. UsersThink (Desktop Usability Testing)

UsersThink adalah platform usability testing yang sesuai dengan permintaan. Sehingga memungkinkan desainer UI/UX mendapatkan umpan balik pengguna sungguhan, tepat saat dibutuhkan. Caranya adalah dengan memilih halaman atau bagian tertentu dari situs web yang ingin diuji, kemudian memilih berapa banyak pengguna yang diharapkan memberikan umpan balik, dan berapa harga yang akan dibayarkan kepada pengguna. Setelah tes selesai, UsersThink berjanji untuk mengirimi Anda hasil tertulis dalam waktu 24 jam atau kurang. Jangkauan harga berkisar dari $39/bulan – $99/bulan.

e. UserZoom

UserZoom merupakan platform testing tools yang memiliki pasar yang sangat besar. UserZoom menawarkan pilihan untuk menggunakan peserta sendiri atau peserta yang disediakan oleh UserZoom dengan tingkat kemungkinan sekitar 120 juta peserta. Pada platform ini, Anda dapat menyesuaikan rencana terkait dengan proyek perusahaan Anda. Untuk harga dari UserZoom ini diperoleh berdasarkan permintaan usability testing yang akan dijalankan.

f. UserTesting

Selain UserZoom, UserTesting juga memiliki cakupan pengguna yang bersedia melakukan usability testing dalam cakupan yang besar. UserTesting memungkinkan adanya percakapan langsung antara peserta dengan penguji. UserTesting memungkinkan perekaman video selama pengujian.

Referensi:

Michelle Andriana