School of Information Systems

Mengelola Modal Kerja

Mengelola Modal Kerja

Bagaimana jika membaca laporan posisi keuangan (neraca) yang menunjukkan aset lebih tinggi dari kewajiban? Orang tentu mengharapkan kondisi ini, kan? Tetapi, jika tidak dapat mengelola modal kerja dengan baik, itu tidak dapat membantu menjadikan bisnis Anda efisien dan efektif. Penjelasan berikut yang akan memberi cara terbaik untuk mengelola aset

Modal kerja

Seperti kita ketahui, modal kerja adalah perbedaan antara aktiva lancar dan kewajiban lancar. Ini menggambarkan ukuran umum likuiditas perusahaan. Kita juga tahu rasio modal kerja. Meskipun perusahaan kami memiliki saldo total aset lancar yang lebih tinggi yang menunjukkan kemampuan yang lebih besar untuk memenuhi utang perusahaan, kami mungkin tidak melupakan pengembaliannya. Semakin lama perusahaan menyimpan aset lancar berlebih, semakin sedikit pengembalian yang dihasilkan dari total aset. Mengapa kami tidak mencoba berinvestasi dengan kelebihan uang tunai atau mendapatkan aset tetap yang dapat membantu perusahaan menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi? Di sisi lain, pembiayaan bisnis secara dominan didasarkan pada kewajiban lancar dan bukan hutang jangka panjang, meskipun mungkin menimbulkan biaya lebih rendah tetapi memiliki risiko likuiditas yang lebih besar. Semakin besar jatuh tempo utang, semakin banyak ketidakpastian dan karenanya umumnya semakin besar biayanya. Untuk membiayai aset Anda, disarankan untuk menggunakan lindung nilai di mana aset dibiayai oleh kewajiban yang jatuh tempo serupa. Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa lebih siap dengan dana yang memadai untuk memenuhi utang ketika jatuh tempo.

Cara menghitung saldo kas yang sesuai atau diperlukan di perusahaan Anda. Uang tunai seperti darah dalam tubuh kita. Ketika darah beredar dengan baik, semua organ dalam tubuh kita akan sehat. Uang tunai dapat terdiri dari dua jenis, Uang Tunai di Bank dan Uang Tunai. Mereka adalah aset paling likuid dalam suatu perusahaan. Tips untuk mengelola uang tunai adalah dengan menjaga saldo kas yang diperlukan. Bagaimana cara menghitungnya? Cukup hitung saldo transaksi untuk kegiatan bisnis normal ditambah saldo kehati-hatian jika terjadi keadaan darurat plus saldo kompensasi yang diperlukan untuk komitmen pembiayaan. Ingat, uang tunai berlebih tidak baik dan juga berlaku untuk aset lancar lainnya, termasuk piutang, dan inventaris.

Manajemen akan mengoptimalkan penjualan mereka dengan sistem ini, tetapi yang pasti harus menggunakan strategi seperti itu untuk memaksimalkan pengembalian dan meminimalkan risiko. Ada beberapa tips untuk mengelola piutang, antara lain:

  • Buat Jadwal Penuaan untuk mengidentifikasi berapa banyak pelanggan dan berapa banyak penjualan kredit yang terlambat.
  • Mengevaluasi batas kredit berdasarkan aliran pembayaran pelanggan. Mereka yang memiliki piutang lama tertunda tidak boleh mendapatkan produk kami sampai mereka menyelesaikan akun mereka atau membayar tunai.
  • Membuat pengaturan sebelumnya dengan pelanggan, misalnya, keterlambatan pembayaran akun mereka akan mengakibatkan beban bunga secara berkala, atau meminta mereka untuk menyiapkan jaminan setidaknya dalam jumlah yang sama dengan saldo akun.
  • Kirim faktur penjualan besar segera
  • Pelanggan harus diingatkan secara berkala melalui telepon dan email sebelum dan pada saat faktur mereka jatuh tempo. Kirimi mereka Laporan Rekening reguler biasanya pada akhir setiap bulan.
  • Gunakan penagihan siklus untuk keseragaman proses penagihan.
  • Hubungi dan gunakan layanan asuransi kredit untuk menjaga dari kerugian abnormal dari hutang macet.
I Gusti Made Karmawan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031