People Innovation Excellence
 

Pengenalan Penganggaran Barang Modal

Penganggaran barang modal merupakan merupakan proses evaluasi dan pemilihan berbagai alternative investasi jangka panjang (seperti investasi dalam mesin / kendaraan / pembukaan pabrik atau cabang dan sebagainya) yang memaksimalkan tujuan perusahaan. Keputusan terkait penganggaran barang modal memiliki tipikal seperti: a) keputusan pengurangan biaya: keputusan ini dapat seperti “apakah sebuah perusahaan harus membeli peralatan-peralatan baru yang memiliki fungsi yang sama dengan peralatan sebelumnya atau tidak?”, b) keputusan perluasan: keputusan ini dapat seperti “apakah perusahaan harus memperluas mesin, pabrik, gudang, cabang dan lain-lain untuk dapat meningkatkan penjualan dan kapasitas produksinya?”, c) keputusan pemilihan peralatan: keputusan ini dapat berkaitan dengan bagaimana perusahaan memilih mesin yang cocok untuk pengembangan usahanya, d) Lepaskan atau beli keputusan: keputusan ini dapat seperti “Haruskah peralatan baru itu dibeli atau tidak?”, dan e) keputusan penggantian peralatan: keputusan ini melibatkan peralatan yang harus di ganti sekarang atau nanti.

Perusahaan dengan investasi yang besar, tentunya mengharapkan pengembalian dapat menguntungkan perusahaan. Beberapa metode terkait penganggaran barang modal antara lain: a) dengan menggunakan nilai sekarang bersih (net present value) b) periode pengembalian berdasarkan cara konvensional, c) periode pengembalian dengan berdasarkan bunga diskonto, dan d) tingkat pengembalian investasi (return on investment.

Nilai sekarang bersih merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk memilih apakah investasi jangka panjang akan diambil atau tidak. Penentuan investasi berdasarkan hasil nilai sekarang bersih, jika nilai sekarang bersih positif maka investasi sebaiknya dilakukan, sebaliknya jika nilai sekarang bersih negatif maka sebaiknya investasi tidak dilakukan. Rumus NPV = – investasi awal + nilai sekarang dari manfaat yang diperoleh.

Periode pengembalian merupakan metode untuk mengukur investasi tertentu dapat balik modal dalam satuan waktu (tahun dan bulan). Untuk perhitungan periode pengembalian terdapat 2 cara, yaitu tidak berdasarkan tingkat pengembalian (tanpa dipengaruhi oleh tingkat suku bunga) dan berdasarkan tingkat pengembalian (dipengaruhi oleh besarnya tingkat suku bunga). Keputusan investasi jika hasil periode pengembalian kurang dari target/harapan. Periode pengembalian konvensional di hitung dengan cara membagi nilai investasi dengan arus kas bersih yang sama setiap tahunnya. Apabilan arus kas setiap tahun tidak sama maka perlu menghitung kumulatif dari arus kas bersih.

Tingkat pengembalian investasi merupakan metode untuk mengukur seberapa besar persentasi pengembalian investasi. Keputusan investasi dilakukan jika proyek memberikan tingkat pengembalian investasi yang lebih tinggi dari bunga bank atau target tertentu. Tingkat pengembalian investasi dihitung dengan cara keuntungan bersih dari investasi ini dibagi dengan nilai investasi.

Reference:

Pamela P. Peterson, Frank J. Fabozzi (2004). Capital Budgeting: Theory and Practice. John Wiley & sons.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close