School of Information Systems

Zoom dan Video Teleconferencing Melelahkan

Kita mungkin telah menghabiskan waktu yang lama dalam Zoom atau video untuk pertemuan sosial atau bisnis selama pandemi, Kita mungkin merasa melelahkan. Atau jika kita menggunakan video untuk belajar, kita mungkin menyadari itu memengaruhi pembelajaran kita dengan mengurangi kemampuan untuk memproses dan menyimpan informasi.

Kita lelah karena “extra cognitive processing” (kata yang bagus karena kita secara sadar harus melakukan pemikiran yang ekstra) untuk mengisi 50% percakapan yang hilang yang biasanya kita dapatkan dari isyarat non-verbal. Ini adalah akumulasi dari semua isyarat yang hilang ini yang menyebabkan kelelahan mental kita.

Dan ada satu hal lagi yang melelahkan dalam penggunaan aplikasi video untuk melakukan pertemuan. Saat kita menghemat banyak waktu untuk pertemuan awal, “salesman” menemukan bahwa melaksanakan kesepakatan transaksi yang kompleks melalui video itu sulit. Sekalipun sudah baik memperhitungkan urusan ekonomi, tenaga penjualan yang hebat tahu untuk “membaca” rapat tapi rapat secara fisik. Misalnya, mereka dapat mengetahui kapan seseorang yang mengangguk setuju untuk melakukan transaksi sebenarnya berarti “tidak mungkin.” Atau mereka dapat mengambil kesempatan untuk menjelaskan lebih detail ketika seseorang condong ke depan. Dalam Zoom, semua isyarat itu hilang. Akibatnya, kesepakatan yang seharusnya mudah terjadi akan memakan waktu lebih lama, dan buruknya, kesepakatan tersebut tidak akan terjadi. Anda menginvestasikan waktu yang sama atau lebih untuk rapat, tetapi frustrasi karena kemajuan dalam kesepakatan menjadi sedikit atau tidak sama sekali. Ini adalah pembunuh produktivitas untuk penjualan.

Dalam situasi sosial, perasaan akan bahasa tubuh dapat membantu kita merasakan bahwa seorang teman yang tersenyum dan mengatakan semuanya baik-baik saja sebenarnya mengalami kesulitan dalam kehidupan pribadi mereka. Tanpa isyarat fisik ini – dan hilangnya kontak fisik – dapat menyebabkan jarak yang lebih besar antara keluarga dan teman-teman kita. Video dapat menjembatani jarak tetapi tidak memiliki empati yang dapat dirasakan.

Sumber:

https://medium.com/@sgblank/whats-missing-from-zoom-reminds-us-what-it-means-to-be-human-651be7cbff39

Lay Christian