School of Information Systems

Apa itu UI Kit? Dan Apa Kegunaannya?

Isitilah guidelines sudah menjadi hal yang sudah sering kita dengar. Guidelines memiliki arti pedoman atau panduan. Guidelines biasanya kita temukan pada hal-hal seperti cara menginstal aplikasi, aturan, dan hal lainnya. Perusahaan besar tentunya memiliki pedoman atau panduan dalam banyak hal, salah satunya adalah pedoman design atau yang biasa disebut style atau design guidelines. Adanya style atau design guidelines berfungsi untuk keselarasan atau konsistensi dalam mendesign sebuah produk, untuk memastikan semuanya sesuai dengan pola yang sudah ditentukan. Mengapa hal ini penting? agar designer yang ingin membuat sebuah produk tidak banyak untuk membuat bahkan menafsirkan design sendiri-sendiri yang dapat menyebabkan design menjadi berubah dan sesuai dengan selera sendiri. Design guidelines yang sudah terbuat memiliki banyak elemen didalamnya, yang disebut sebagai UI Kit.

UI Kit merupakan kumpulan grafik atau elemen yang dapat dipakai berulang untuk membantu designer dalam membangun UI untuk sebuah produk. UI Kit dapat berupa typhography, icons, button, color palette, checkbox, dll. Berikut ini adalah keuntungan jika menggunakan UI Kit :

  1. Menghemat waktu
    Ketika designer mendapatkan sebuah project untuk membuat sebuah produk, tentu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencari elemen design karena dalam UI Kit sudah menyediakan elemen yang siap untuk digunakan sehingga waktu untuk membuat atau mencari elemen design dapat digunakan untuk hal yang lain.

  1. Meningkatkan produktifitas
    Karena sudah menghemat waktu dari segi pencarian atau pembuatan elemen design, produktifitas dapat meningkat, sehingga pekerjaan dapat menjadi efektif dan dapat selesai lebih cepat.

  1. Perubahan menjadi lebih cepat
    Perubahan dapat terjadi kapan saja. Jika terdapat perubahan seperti warna dan lainnya, designer tidak perlu menggunakan perangkat UI untuk mengubah elemen. Dengan UI kit, designer dapat menngubah beberapa lapisan, tidak harus mengubah kode.
Riski Tri Sandi

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031