School of Information Systems

ZACHMAN FRAMEWORK – Human Interface Architecture Combine With Design Thingking Method

      Framework Zachman menunjukkan sistem informasi dari beberapa sudut pandang yang menjalankan kompleksitas dan mempromosikan perencanaan, perancangan, dan manajemen konfigurasi. Human Interface Architecture berbicara tentang bagaiman interaksi program dengan pengguna yang dirancang agara dimana pengguna dapat melakukan sebuah interaksi dengan program agar lebih mudah dan tentunyta sesuai dengan permintaan.

       Penerapan Human Interface Architecture untuk keperluan design User Interface di Information System Laboratoty Binus University:

      Dalam pembuatan user interface ada UX Methodology untuk memahami target pengguna. Design Thinking adalah salah satu metode baru dalam melakukan proses desain. Design Thinking merupakan metode penyelesaian masalah yang berfokus pada pengguna atau user. Design Thinking sendiri dipopulerkan oleh David Kelley dan Tim Brown pendiri IDEO – sebuah konsultan desain  yang berlatar belakang desain produk berbasis inovasi (Razzouk & Shute, 2012).

      Dalam membuat sebuah produk atau aplikasi dengan metode design thinking, maka akan dilakukan beberapa tahapan berikut secara berulang sebanyak yg dibutuhkan untuk menghasilkan produk yang sesuai:

  • Empathize
    Ketika sudah mengetahui user atau pengguna yang akan dituju, maka seorang desainer perlu mengetahui pengalaman, emosi, dan situasi dari si pengguna.
  • Define
    Setelah desainer mengerti kebutuhan pengguna, maka desainer perlu menggambarkan sebuah ide atau pandangan user yang akan menjadi dasar dari produk atau aplikasi yang akan dibuat.
  • Ideate
    Dengan kebutuhan yang ada, maka desainer perlu menggambarkan solusi yang dibuthkan.
  • Prototype
    Ide yang sudah ada sebelumnya maka perlu langsung diimplementasikan dalam sebuah aplikasi atau produk uji coba.
  • Test
    Dari produk atau aplikasi uji coba yang sudah dibuat, maka akan dilakukan sebuah percobaan dengan pengguna.

Metode diatas digunakan sebelum tim kami membuat sebuah model interface atau design interface untuk sebuah ide aplikasi atau website yang diinginkan.

Referensi:
Razzouk, R., & Shute, V. (2012). What Is Design Thinking and Why Is It Important? Review of Educational Research, 82(3), 330–348. https://doi.org/10.3102/0034654312457429

Devi Puri