School of Information Systems

Sistematika Penulisan Karya Ilmiah

Karya Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat guna memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah yang teruji. Pada umumnya Karya ilmiah berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang terjadi secara nyata. Penulisan karya ilmiah harus dilakukan secara runtut dan sistematis. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah sebagai sarana melatih mengungkapkan pemikiran dalam bentuk tulisan yang sistematis dan metodologis. Berikut sistematika yang biasanya perlu kita ikuti dalam penulisan isi KIR.

  • Abstrak
    Abstrak adalah bentuk synopsis dari semua isi dari KIR yang diabuat. Di dalamnya mencakup ulasan singkat, garis besar, dan poin-poin penting dari makalah untuk memudahkan pembaca memahami keseluruhan isi makalah.
  • Pendahuluan
    Kemudian setelah abstrak maka penulis harua menulis Pendahuluan. Pendahuluan berisikan gambaran umum dari observasi awal dan fenomena yang dibahas sesuai dengan topik yang diangkat dalam KIR. biasanya berisi latar belakang, rumusan masalah,tujuan dari kegiatan (penelitian, pengabdian, atau yang lainnya) dan manfaat udari penulisan KIR ini terhadap pembaca dikemudian hari. Pendahualuan  bisa merujuk dari berbagai sumber pustaka, pandangan pribadi penulis/peneliti sebelumnya yang telah membahas topik terkait  serupa.
  • Tujuan
    Tujuan Karya ilmiah harus dituliskan secara jelas dan sesuai dengan pemilihan judul KIR.
  • Metode Penelitian
    Metode Penelitian, bagian ini bergantung pada kegiatan dan metodologi apa yang dilakukan oleh penulis. Secara umum, bagian ini berisi tentang bagaimana kegiatan observasi didalam penulisan dilakukan misalnya waktu, lama, dan tempat dilakukannya observasi. Dapat juga berisi bahan dan alat yang digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan serta cara pengolahan data. Bagian metode harus dijelaskan secara jelas dan lengkap agar peneliti lain dapat melakukan uji coba ulang.
  • Hasil dan Pembahasan
    Bagian ini biasanya menjelaskan apa yang diperoleh dari hasil observasi. Data dapat diringkas dalam bentuk tabel dan gambar. Bagian ini juga berisi uraian dari hasil analisis yang berkaitan dengan temuan-temuan dari observasi yang telah dilakukan serta dikemukakan di sini. Lalu temukan pemecahan masalah yang berhasil dilakukan, beserta perbedaan dan persamaan dari hasil pengamatan terhadap informasi yang ditemukan dalam berbagai pustaka (penelitian terdahulu) perlu mendapatkan catatan disini
  • Kesimpulan
    Kesimpulan adalah bagian akhir dari penulisan. Secara umum kesimpulan menunjukkan jawaban atas tujuan yang telah dikemukakan dalam pendahuluan.
Devi Puri

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031