School of Information Systems

Perbedaan E-Business dan E-Commerce

Istilah e-business dan e-commerce saat ini pasti sudah tidak asing untuk didengar. Namun, terkadang kedua istilah ini seringkali dianggap sama. Tetapi ternyata kedua istilah tersebut memiliki perbedaan. Pada dasarnya, e-business dapat diartikan sebagai kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tetapi juga dapat meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). Sedangkan e-commerce merupakan transaksi bisnis yang berupa pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet yang meliputi transfer maupun serahterima kepemilikan hak atas suatu barang atau jasa dengan menggunakan internet. Jika dilihat dari pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa e-commerce merupakan bagian dari e-business. Untuk dapat lebih memahami perbedaan antara e-business dan e-commerce, maka berikut adalah perbedaan-perbedaan antara e-business dan e-commerce:

  • E-business memiliki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan e-commerce, karena e-business meliputi modal, SDM (sumber daya manusia), segala proses pemasaran produk dan jasa hingga setiap resiko yang muncul didalamnya setelah pembelian barang maupun jasa. Sedangkan e-commerce, hanya sebatas pada proses jual-beli jasa atau produk melalui jaringan internet dalam wadah situs atau web saja.
  • E-commerce hanya menjalankan tugasnya sebagai media transaksi jual-beli secara online saja, sedang e-business lebih ke arah edukasi dan juga menjaga agar pelanggan paham lebih banyak tentang manfaat dari sebuah produk maupun jasa yang didapat dari sebuah transakasi online.
  • E-commerce hanyalah satu bagian kecil saja dari e-business, sebab e-business merupakan sebuah sistem yang lengkap dan terdiri dari banyak bagian yang menunjang jalannya sebuah bisnis terutama yang dijalankan melalui jaringan internet.
  • Jika ecommerce hanya memerlukan sistem pemasaran termasuk spesifikasi dan juga analisis dalam segi penjualan saja, tetapi e-business lebih kompleks yang menyasar setiap bagian dari hulu hingga hilir sebuah bisnis.
  • E-commerce pun juga dapat iktakan sebagai sebuah kegiatan dalam menarik siapapun termasuk setiap pelanggan, supplier maupun mitra untuk membeli maupun menjual barang dan jasa secara online. Sedangkan e-business bergerak dari awal, mulai dari perencanaan proses produksi, manajemen resiko, pengembangan sebuah produk maupun jasa, manajemen keuangan sebuah organisasi maupun perusahaan.

Demikian perbedaan antara istilah e-business dan e-commerce. Pada dasarnya, kedua istilah tersebut sangatlah membantu masyarakat, pemerintah, penjual, pemasok, maupun pengusaha. Hal ini dikarenakan dengan adanya e-business dan e-commerce dapat memberikan banyak keuntungan secara komersial, seperti fleksibilitas, optimasi, keamanan, integrasi, efisiensi, maupun meningkatkan produktivitas serta profit yang didapat.

Sumber:

https://www.simulasikredit.com/perbedaan-e-commerce-dan-e-business/

https://si.ittelkom-pwt.ac.id/2017/10/03/perbedaan-e-commerce-dan-e-business/

http://www.ucarecdn.com/ea545b2c-b375-4093-b467-7933d60d2213/

Siti Julianingsih Nurfitriyani

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031