School of Information Systems

Pentingnya Framework dalam membuat sebuah website

Pada era sekarang, tidak sedikit developer website  yang menggunakan framework PHP untuk mengembangkan website, dan tidak sedikit pada lowongan pekerjaan yang dipasang untuk kategori web developer, dibutuhkan yang mempunyai pengalaman MVC Framework. Apa itu MVC? MVC adalah singkatan dari Model – View – Controller, yang merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (Separation of Concern) untuk aplikasi yang dikembangkan. Separation of Concern (SOC) adalah merupakan Teknik yang memungkinkan membagikan – membagikan code ke dalam beberapa bagian. Kode yang terbagi menjadi beberapa bagian tersebut mempunyai fungsi masing – masing, misalnya ada kode untuk menangani basis data, kode untuk menangani tampilan, dan ada kode yang menghubungkan tampilan dan basis data. (1)

Mungkin bagi kita yang belum mengenal Framework PHP (seperti Laravel,CodeIgniter (CI),dsb), semua framework PHP memang mempunyai keunggulan masing – masing melalui fitur yang ditawarkan, tetapi framework PHP tersebut mempunyai kesamaan keuntungan yang ditawarkan untuk developer web antara lain :

  • Mengindari Pekerjaan berulang : Dalam membangun website dengan banyak fitur yang ditawarkan akan memakan waktu yang cukup lama, terlebih jika pada saat mengembangkan atau membuat dilakukan dengan sendiri. Hal ini memungkinkan banyak fitur yang dinilai sering digunakan antara lain, seperti session, abstraksi database, penanganan database, dsb. Hal ini akan menjadi merepotkan jika developer harus membuat ulang kembali kode tersebut untuk proyek website yang berbeda – beda. Dengan menggunakan sebuah framework memungkinkan kode yang bersifat umum sudah tersimpan di dalam library yang dimiliki oleh framework, jadi developer hanya cukup memanggil kode tersebut dari library , daripada harus membangun kembali dari awal atau mencari kode tiap baris layaknya developer mengembangkan aplikasi murni PHP.
  • Security / Keamanan : Dalam membangun website atau sistem informasi berbasis web yang paling penting adalah sisi keamanan / Security, terlebih untuk web yang menyimpan data yang bersifat rahasia. Keamanan tersebut adalah hal yang harus selalu berkembang karena sistem keamanan harus dapat menutup celah yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk dapat melakukan pencurian data dari web.Jika tidak menggunakan framework, developer akan mengalami kesulitan, selain harus menyelesaikan proyek dari client dengan berbagai fitur dan jika harus juga menangani website yang sudah terkena Dengan menggunakan sebuah framework bisa menjadi sebuah fondasi dalam menangani ancaman keamanan, karena serangan – serangan hack yang bersifat umum sudah dapat diantisipasi oleh framework versi terbaru, setidaknya memudahkan developer tidak perlu membuat atau menambahkan fungsi penyaringan untuk melindungi web dari serangan tertentu secara manual.
  • Interoperability / Karakteristik dari sistem : Dalam membangun website, developer menggunakan bahasa PHP yang merupakan open source programming language. Maka pada saat pengembangan, diperlukan standar codebase yang dapat dipahami oleh banyak orang, hal ini menjadi lebih penting jika apabila proyek website yang dikerjakan akan di maintenance atau dikelola oleh orang lain. Dengan menggunakan Framework, orang lain akan lebih mudah mengerti dikarenakan sudah ada standard didalamnya.
  • Code Less : Dalam membangun website, biasanya terdapat fungsi dasar yang bersifat umum seperti Create,Read , Update, Delete atau yang sering dikenal sebagai CRUD. Di dalam sebuah framework biasanya meringkas fungsi – fungsi tersebut menjadi sebuah fungsi baru yang lebih hemat code. Mungkin pada saat awal developer memerlukan cukup waktu untuk mempelajari fungsi baru tersebut, tetapi jika developer sudah memahami kegunaan dari fungsi tersebut, dapat mengurangi baris code yang digunakan jika dibandingkan jika developer menggunakan PHP murni.Selain itu dengan menggunakan Framework, mendapatkan keuntungan juga karena pekerjaan menjadi lebih rapi dan teratur karena framework menyediakan konsistensi code.
  • Pengembangan Cepat /Fast Development : Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan adanya konsistensi dalam pengembangan web dan adanya fungsi baru yang menggantikan fungsi – fungsi yang bersifat umum, dapat mengurangi waktu berkoordinasi dan bertanya antar developer, karena dari segi kerangka sudah relative mudah dipahami, jadi developer dapat lebih focus memikirkan proses bisnis dari aplikasi yang sedang dikembangkan ketimbang juga harus memikirkan hal – hal yang bersifat teknis.
  • Hemat Biaya / cost effective : Dengan menggunakan framework tidak perlu bingung untuk biaya – biaya lain yang perlu dikeluarkan jika menggunakan php murni seperti biaya dokumentasi penggunaan, maintenance security, maintenance performa, dokumentasi PHP, maintenance Bug, dan biaya – biaya lainnya.
  • Dukungan Komunitas / Community Support: Dengan menggunakan framework, terdapat dukungan komunitas baik dari dalam maupun luar negeri, hal ini menjadi sangat bermanfaat karena kita dapat belajar dengan mudah karena kita dapat langsung bertanya pada komunitas tersebut jika terjadi masalah pada source code, sehingga kita dapat menyelesaikan masalah tersebut secara bersama.
  • Peluang Kerja / Work Opportunity

(Source : https://bertzzie.com/knowledge/framework-php/1-Model-View-Controller.html)

(Source : https://idcloudhost.com/8-alasan-menggunakan-php-framework-untuk-pengembangan-website/ )

Jeffrey Arief Mulyono