Pentingnya Peranan Persona dalam Perancangan Sistem Perusahaan
Dalam melakukan sebuah perancangan, tentunya kita perlu mengetahui target customer yang seperti apa yang harus ditargetkan oleh perusahaan kita. Kegiatan penargetan customer ini juga berguna untuk mengetahui bagaimana behavior dari orang – orang yang nantinya akan menjadi customer perusahaan. Adapun hal yang harus dilakukan untuk lebih mengetahui tentang target customer adalah dengan membuat persona.
Persona merupakan sebuah jenis representasi konkret yang didalamnya terdapat beberapa jenis kemungkinan customer yang nantinya akan membantu dalam pembentukkan rancangan sistem yang akan dipersiapkan dan dibangun di kemudian hari. Maka dari itu persona sendiri dianggap sebagai blueprint yang berguna untuk menempatkan posisi orang orang tersebut dengan bagaimana jenis orang yang akan ditemui di kemudian hari sebagai pengguna aplikasi yang akan dibangun (perancang menempatkan posisi sebagai orang lain yaitu target customer).
Adapun beberapa hal essential yang harus ada dalam persona :
- Nama
Nama ini merupakan nama dari target customer yang akan ditemui, penting untuk mengetahui nama mereka dalam membuat persona sebagai gambaran seperti bertemu customer konkret.
- Foto
Foto digunakan sebagai contoh target customer yang akan ditemui, contohnya fotonya merupakan orang Indonesia, bisa saja target dari pembangunan aplikasi tersebut merupakan untuk orang – orang yang tinggal di Indonesia.
- Usia
Usia maksudnya adalah untuk mengetahui range umur yang akan digunakan sebagai acuan target customer yang akan menggunakan aplikasi kira kira dari umur berapa sampai umur berapa
- Alamat atau lokasi
Lokasi merupakan bagian persona yang mendukung apakah aplikasi tersebut sesuai dengan demografi yang sesuai dengan lokasi dimana target customer tinggal
- Profesi
Profesi juga dapat dijadikan acuan dalam persona untuk menentukan range gaji dari target customer yang akan menggunakan aplikasi kita di kemudian hari. Contoh : Aplikasi yang akan dibuat merupakan aplikasi untuk menjual tas branded, tentunya profesi ini dapat memberikan acuan kira – kira kalangan profesi apa yang biasanya akan menggunakan aplikasi penjualan tas branded ini.
- Goals
Goals merupakan apa yang diharapkan oleh pengguna terhadap aplikasi ini. Contoh : aplikasi untuk adopsi hewan, tentunya pengguna berharap agar mereka mendapatkan informasi yang lengkap mengenai hewan yang akan mereka adopsi.
- Gain point
Gain point merupakan sisi positif yang didapatkan dari target customer yang akan mendukung aplikasi. Contoh : Target customer merupakan orang yang suka mendesain ruangan, tentunya aplikasi decor rumah sangat cocok untuk customer tersebut.
- Pain Point
Pain point merupakan sisi negative yang didapatkan dari target customer yang bisa dijadikan acuan untuk membuat aplikasi. Contoh : Customer malas sekali berbelanja ke pasar, maka dari itu aplikasi delivery bahan makanan bisa menjadi solusi bagi customer itu sendiri.