People Innovation Excellence
 

Thinking Skill 101: Cara efektif menetapkan tujuan dengan S.M.A.R.T Goal Setting

“Tanpa tujuan atau target, dan rencana untuk mencapainya,

bagaikan kapal yang berlayar tanpa tujuan” – Fitzhugh Dodson

Penetapan tujuan itu penting dalam semua tahap kehidupan untuk menentukan arah tertentu dan memfokuskan waktu dan energi kita. Menetapkan tujuan baik untuk kepentingan pribadi maupun dalam pekerjaan atau projek menguntungkan kita dalam banyak hal, seperti:

  1. Memberikan arah dan tujuan yang jelas mengenai apa saja yang harus dicapai secara lebih sistematis.
  2. Memisahkan hal yang penting dari apa yang tidak relevan, atau gangguan.
  3. Meningkatkan harga diri dan rasa percaya diri ketika tujuan kita tercapai.
  4. Memastikan kita dapat memanfaatkan waktu terbatas dengan sebaik-baiknya dan membantu mengambil langkah-langkah stabil menuju kesuksesan.
  5. Tingkat stres berkurang ketika kita tahu apa yang harus diusahakan dan berapa banyak untuk bekerja.

Setelah mengetahui tujuan atau target, kita dapat mendedikasikan diri sepenuhnya untuk itu dan berkonsentrasi untuk bekerja dengan cara yang lebih efisien, sehingga dapat menghasilkan peningkatan kinerja. Pada akhirnya, dengan tercapainya tujuan kita, kita puas dan percaya diri.

Menetapkan SMART goal

Menetapkan tujuan merupakan sebuah komitmen dan merupakan sebuah alat kehidupan yang penting yang harus dianggap serius. Berikut adalah pembahasan sebuah teknik yang akan membantu kita semua menetapkan tujuan yang efektif.

Cara terbaik untuk benar-benar merumuskan tujuan kita adalah dengan menggunakan SMART goal setting. Tujuan yang SMART adalah tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan terikat waktu.

SMART goal setting memastikan bahwa semua sasaran kita mencakup semua elemen kunci untuk memaksimalkan keberhasilan penetapan sasaran kita. Ketika kita menggunakan SMART goal setting , kita akan menemukan bahwa lebih mudah bagi kita untuk tetap berada di jalur dengan berbagai tujuan kita di semua bidang kehidupan kita.

Secara singkat arti singkatan dari SMART adalah:

S=Specific ●     Tujuan yang spesifik dan dinyatakan dengan jelas akan lebih mudah dicapai daripada tujuan umum. Untuk membantu menciptakan tujuan tertentu, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut. Siapa yang terlibat? Apa yang ingin saya capai? Kapan batas waktu saya? Persyaratan atau kendala apa yang harus saya pertimbangkan? Mengapa saya ingin mencapai tujuan ini? Tetap sederhana, tetapi pastikan tujuan itu juga merenggangkan kita.
M = Measurable ●     Tujuan harus dapat diukur sehingga ada tolak ukur pencapaian. Ketika tujuan kita dapat diukur, kita cenderung untuk tetap berada di jalur dan mencapai milestone tertentu yang dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk terus maju. Hal ini membuat tujuan kita lebih dapat dikelola dan memotivasi kita di sepanjang perjalanan kita.
A = Attainable ●     Patikan tujuan kita masih termasuk dalam jangkauan kita. Jika kita menetapkan tujuan yang terlalu ambisius, kita akan membuat diri kita gagal. Memiliki tujuan yang dapat dicapai juga berbicara tentang mengidentifikasi tujuan yang benar-benar penting bagi kita yang harus aspiratif serta dapat dicapai.
R = Realistic ●     Pastikan Kita menetapkan tujuan yang ingin dan mampu kita capai. Penting untuk kita agar dapat membuat kemajuan besar menuju tujuan-tujuan kita. Tujuan harus relevan dengan di mana kita berada dalam kehidupan kita dan perlu dipastikan bahwa adanya akses ke sumber daya yang tepat untuk mencapainya.
T = Timely ●     Sasaran membutuhkan kerangka waktu yang dijalankan. Perlu adanya rasa urgensi. Tujuan yang dapat kita cicipi, sentuh, lihat atau dengar adalah lebih nyata dan lebih jelas. Ini akan membuat tujuan itu lebih dapat dicapai.

Untuk memastikan tujuan kita SMARTER atau lebih cerdas, partikan untuk mengevaluasi tujuan untuk memastikan tujuan tersebut etis dan menyenangkan dan terus untuk follow-up dan  mengevaluasi kembali untuk memastikan progress kita mengarahpada tujuan kita.

Reference:

http://shiftindonesia.com/smart-goals-5-tahap-menyusun-target-dengan-benar/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close