People Innovation Excellence
 

Membangun Kerjasama yang Baik dalam Perlombaan

Perlombaan yang berkelompok membutuhkan lebih dari sekadar persiapan materi dan kesiapan mental. Anda perlu kemampuan untuk bekerjasama. Kerjasama yang baik akan menjadi sebuah keuntungan yang berdampak pada kemudahan mencapai tujuan. Hal ini dibuktikan dengan metode pembelajaran group investigation dimana siswa dapat berdiskusi dengan siswa lain mendapatkan nilai akhir lebih tinggi dibandingan dengan metode pembelajaran direct instruction dimana siswa diwajibkan untuk mengikuti arahan dari guru (Irwan & Sani, 2015).

Dalam bekerjasama dalam kelompok, Anda dapat memperhatikan beberapa faktor berikut:

1. Satukan tujuan

Dalam sebuah kelompok, setiap individu harus mempunyai satu tujuan yang sama. Hal ini dapat membuat proses kerjasama nantinya berjalan lebih mulus. Satukan tujuan pada awal terbentuknya kelompok, dan pastikan tujuan tersebut disetujui oleh masing-masing anggota. Contohnya seperti pemilihan solusi business case. Pastikan semua anggota setuju akan solusi yang akan dipaparkan.

2. Kenali anggota kelompok

Anda wajib mengenali masing-masing anggota kelompok. Apa saja yang harus diketahui? Mulai dari emosi mereka, apakah mereka orang yang cenderung santai atau menggebu-gebu. Lalu sifat-sfat buruk mereka, apakah anggota kelompok Anda deadliners. Anda juga harus tahu kemampuan yang dimiliki oleh anggota kelompok Anda. Siapakah yang mahir dalam mendesain, melakukan presentasi, dan membuat proposal.

3. Buatlah jadwal

Setelah menyatukan tujuan dan mengenali anggota kelompok, maka buatlah untuk bertemu dan bagian apa yang harus diselesaikan pada tanggal-tanggal tertentu. Hal ini dapat Anda lakukan agar kelompok Anda terhindar dari pengerjaan lomba yang ngaret dan mengakibatkan kelompok Anda kalang kabut saat tanggal deadline sudah dekat.

4. Komunikasi

Dalam bekerja secara kelompok, komunikasi adalah hal yang sangat penting. Bangunlah komunikasi yang intensif agar terhindar dari segala bentuk miskomunikasi. Komunikasi yang perlu diperhatikan bukan hanya cara komunikasi seperti secara verbal atau tertulis, namun juga tutur Bahasa yang digunakan dan media komunikasi. Media komunikasi terdapat berbagai bentuk seperti via e-mail, WhatsApp group, tatap muka, dan lain-lain. Jika melibatkan media elektronik, Anda juga mungkin perlu memperhatikan bentuk file yang disampaikan. Bisa dalam bentuk file MsWord, MsExcel, PDF, dan lain-lain.

5. Tumbuhkan toleransi

Perlombaan antar kampus pasti diikuti oleh mahasiswa yang dimana tanggung jawab utama mahasiswa adalah mengikuti kuliah. Jika lomba diadakan saat libur, maka tidak ada masalah. Namun jika lomba diadakan di tengah-tengah perkuliahan berlangsung, maka pasti dibutuhkan sedikit penyesuaian karena tugas kuliah yang diberikan pada masing-masing mahasiswa. Jika anggota kelompok Anda sedang mendapatkan tugas yang banyak dan tidak dapat mengerjakan bagiannya secara keseluruhan, maka tumbuhkanlah toleransi Anda. Anda dapat membantu mengerjakan bagiannya. Namun, menumbuhkan toleransi bisa menjadi boomerang untuk Anda jika Anda memiliki toleransi yang terlalu tinggi. Jangan sampai Anda dimanfaatkan secara berlebih oleh anggota kelompok Anda. Tetap miliki batasan-batasan dalam memberikan toleransi agar Anda terhindar dari pemanfaatan secara berlebih.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close