People Innovation Excellence
 

User Experience : User Scenarios

User Scenarios adalah salah satu teknik inti dari User Experienceyang berguna dalam memahami, membayangkan, mengevaluasi baik desain UX secara konseptual maupun fisik.

Mindset yang harus ditetapkan dalan membuat Scenariosadalah focus kepada user goals atau tujuan user, seperti apa yang menjadi motivasi useruntuk menggunakan aplikasi tersebut, dan apa yang user butuhkan dalam aplikasi tersebut. Ada banyak variasi dan pendekatan untuk menggunakan scenarios.

Terdapat 4 jenis scenarios:

  1. Stories

Stories merupakan kumpulan pengalaman, ide, dan pengetahuan nyata dari seseorang. Kumpulan storiesini bisa dalam beberapa bentuk seperti video, diary, foto, dokumen, hasil observasi, dan juga hasil interview.

  1. Conceptual Scenarios

Bentuk conpetual scenarios adalah penjelasan singkat mengenai proses bisnis utama yang digunakan untuk menghasilkan ide dan solusi dari user goal.  Pada conceptualscenarios, kumpulan dari storiesakan digabung dan bagian bagian storiesyang tidak berhubungan dengan fungsi UX dihilangkan.

  1. Concrete Scenarios

Pada concrete scenariosfitur fitur dari fungsi UX mulai di perjelas. Satu conceptual scenarios dapat menghasilkan beberapa concrete scenarios. Hal ini dikarenakan saat deginer UX dengan memecahkan beberapa masalah, pada beberapa kondisi tertentu terkadang membutuhkan fitur yang berbeda-beda.

  1. Usecases

Usecasemendeskripsikan interaksi antara actordan device, apa yang actorlakukan, dan apa yang systemlakukan. Setiap usecasedapat merangkup beberpa variasi kondisi dalam concrete scenarios.

Referensi: David Benyon. (2018). Designing User Experience: A guide to HCI, UX and interaction design. 4th E. Pearson. Harlow, United Kingdom. ISBN: 978-1292155517.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close