People Innovation Excellence
 

Apa itu PayLater?

Zaman sekarang, segala sesuatu rasanya semakin dipermudah dengan adanya dan perkembangan teknologi. Apalagi dengan adanya financial technology yang sudah marak dimana mana. Dengan adanya fintech memudahkan masyarakat dalam bertransaksi apapun. Sehingga kredit pun juga dilayani didalam fintech. Hingga saat ini sudah ada layanan kredit di Pay Later. Apa itu PayLater? Pay Later adalah fasilitas keuangan yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Beberapa platform fintech saat sedang seru membahas mengenai cara kredit kekinian ini. Bahkan fitur ini juga banyak dimiliki mulai dari e-commerce ticketing liburan hingga marketplace-marketplace demi memfasilitasi siapa saja yang hendak liburan ataupun berbelanja. Berikut adalah 5 fakta tentang kegunaan PayLater:

  1. Mudah dalam Pendaftaran

Untuk menggunakan PayLater ini sangat gampang. Misalnya, jika kita ingin mengggunakan PayLater, tinggal unduh saja platform-platform yang memiliki PayLater untuk belanja atau mempersiapkan liburan. Misal, raveloka PayLater, OVO PayLater, dan Gopay PayLater.

  1. Diawasi OJK

Jika ada kekhawatiran dalam menggunakan PayLater, kini Pay Later sudah di terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, semua syarat dan ketentuan untuk kredit di PayLater pastinya harus sesuai dengan aturan OJK yang tidak akan merugikan kita sebagai nasabah.

  1. Mempunyai Bunga

PayLater sedikit berbeda sistem bunganya, ini karena minimnya dokumen yang disetorkan ketika mengajukan pinjaman sehingga pemberi pinjaman (fintech lending) menetapkan bunga lebih tinggi. PayLater milik Traveloka dan PayLater milik OVO mungkin sedikit berbeda dalam menerapkan bunga, ini karena penyalur dana bukanlah perbankan yang tunduk pada BI (pemerintah). Penyalur dana di PayLater adalah fintech lending. OVO PayLater misalnya, ia mematok bunga di kisaran 2,8 hingga 2,9 persen untuk transaksi yang diubah ke cicilan. Selain pengenaan bunga untuk cicilan, transaksi dengan OVO PayLater juga akan dikenakan biaya admin sebesar 5% dari transaksi.

  1. Fleksibel dan Cepat

Siapa pun bisa mendaftar dan menjadi nasabah, maka siapa pun yang mengajukan kredit juga pasti akan disetujui. Tidak seperti bank bank lainnya yang butuh melakukan survei dahulu terhadap calon debitur, kredit di PayLater bisa saat itu juga dipakai.

Nah, itu dia 5 fakta mengenai Pay Later. Walaupun banyak kemudahan yang diberikan oleh Pay Later, tetapi kita sebagai pengguna juga harus hati hati dalam memakainya. Sebab, kita harus membayar jumlah tunggakan kredit yang kita pakai.

Referensi:

https://pilihkartu.com/blog/berita/bunga-paylater-dan-kartu-kredit.htm

https://www.modalrakyat.id/blog/fintech-p2p-lending-lebih-populer-dibanding-bank-bagaimana-bisa-


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close