People Innovation Excellence
 

Teknologi sebagai Pilar utama perkembangan Industri 4.0

Sejak fenomena perkembangan industri 4.0 perkembangan teknologi juga ikut mengalami peningkatan yang pesat, namun sebenarnya sejauh apa pengetahuan sebagai user, customer, pelaku bisnis, hingga pemangku kepentingan memahami dan siap untuk  menghadapi perkembangan tersebut?. Revolusi menuju industri 4.0 menunjukan adanya pilar-pilar utama yang sangat berpengaruh dalam proses perubahan industri di Indonesia. Berikut diantaranya adalah:

Artificial Intelegence kecerdasan buatan adalah perangkat komputer yang dapat memahami lingkungannya dan dapat mengambil tindakan yang memaksimalkan peluang kesuksesan di lingkungan tersebut untuk beberapa tujuan. Artificial intelegence sendiri memiliki fungsi mempelajari data yang diterima secara berkesinambungan. Ketika data yang diterima artificial intelegence semakin banyak maka semakin baik pula Artificial intelegence dalam membuat keputusana atau prediksi. Dengan menggabungkan kecerdasan AI dan kecerdasan alami manusia, potensi individu dapat menjadi lebih maksimal dan memungkinkan pencapaian yang maksimal pula.

Cloud Computing dianggap menjadi sentral dari revolusi industri 4.0 dikarenakan jika melihat perkembangan teknologi di era ini maka semua akan terhubung dengan cloud computing. Clod computing juga diartikan sebagai teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses server virtual untuk bisa konfigurasi server melalui internet. Contohnya adalah hosting website.

Internet of things (IoT), kini memasuki industri 4.0 lebih menekankan pada antar alat menggunakan internet dan pemanfaatan Big Data. Apa itu Internet of things? Intenet of things (IoT) adalah alat yang terhubung dengan internet dan saling terintegrasi, contoh sederhananya adalah lampu ruangan yang terkoneksi dengan internet dan bisa terintegrasi dengan smartphone sebagai pengaturannya. Adapun pengertian lainnya adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer atau melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia lago. Dari kedua pengertian tersebut kita dapat mengetahui bahwa IoT berpengaruh dalam berbagai macam industri seperti manufaktur, logstik, kesehatan pertanian, dunia otomotif dan masih banyak lagi.

Big Data, Big Data sederhananya adalah istilah yang menyatakan volume data yang besar. Namun banyaknya data tidak menjadi acuan yang penting akan tetapi tujuan yang dilakukan oleh seseorang dengan data itulah yang penting. Singkatnya big data adalahs sebuah hasil teknologi canggih dengan kapasitas besar dengan kumpulan data yang kompleks. Dalam perubahan revolusi industri 4.0 big data memiliki peran besar dalam otomasisasi dan perkembangan salah satu pilar uatama revolusi industri yaitu Artificial Intelegence.

Adapun pilar lainnya adalah AR (Argumented Reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun 3 dimensi kedalam sebuah yang nyata dan diproyeksikan dengan waktu yang nyata. Di Indonesia sendiri AR diyakini akan mmabawa perubahan pada industri manufaktur, dan kini telah dapat kita lihat dengan mulai adanya pabrik virtual dan rancangan holografis. Berbicara tenatng dunia manufaktur maka kita juga akan menegnal Additive manufacturing. Additive manufacturing adalah hasil dari trobosan baru di dunia manufaktur yang sering dikenal menggunakan printer 3d. kini kita telah dapat melihat dan membuat gambar, design digital yang dapat dibuat sesuai dengan keadaan nyata dengan kata lain yaitu hasil yang menyerupai wujud benda dengan ukuran dan bentuk yang sama pula.

Simulation, simulation mewakili operasi dari waktu ke waktu. Simulasi sangat berguna dalam banyak proses, contohnya simualsi teknologi dalam optimalisasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan.  Yang mendapingi simulation adapula yang kita kenal dengan system integration, system integration merupakan sebuah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun secara fungsional.

Ketika pengaplikasian seluruh pilar teknologi kita membutuhkan perlndungan, untuk itu salah satu taknologi yang akan menjadi bagian dari pilar utama adalah cyber security, cyber security adalah upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyberattack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi.

Kembali pada topik dimana mapukan kita sebagai user,customer, pelaku bisnis, hingga pemangku kepentingan memahami dan siap untuk  menghadapi perkembangan tersebut?, jawabannya adalah diperlukan persiapan khusus yang mendukung karena dibalik kemudahan di era revolusi ini justru menuntut kita untuk lebih jeli dalam mengambil keputusan dalam berbagai situasi dengan mempertimbangkan semua aspek pilar teknologi kedepannya.

References:

https://www.jagoanhosting.com

https://evangelinosite.wordpress.com/2017/09/28/artificial-intelligence-definisi-sejarah-dan-contoh-kecerdasan-buatan/

https://www.viva.co.id/digital/digilife/1117403-revolusi-industri-4-0-data-dan-cloud-computing-saling-terhubung

https://medium.com/@mfrauf/internet-of-things-iot-dalam-revolusi-industri-4-0-f4d0356d9f42


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close