People Innovation Excellence
 

Mengenal Aplikasi IoT di berbagai Domain

Mengenal Aplikasi IoT di berbagai Domain

Oleh: Nur Anisa

IoT (Internet of Things) merupakan segala aktivitas yang memanfaatkan teknologi internet untuk saling berinteraksi. Selain itu, IoT dapat diartikan sebagai jaringan besar dengan perangkat yang saling terhubung. Perangkat ini mengumpulkan dan berbagi data tentang bagaimana data tersebut digunakan dan lingkungan dimana data dioperasikan. Dalam penggunaannya IoT banyak ditemui dalam berbagai aktivitas, contohnya: e-learning, e-commerce, banyaknya transportasi online, GPS tracking, live streaming, dan sebagainya yang menggunakan internet atau jaringan sebagai media yang melakukannya.

Dengan banyaknya manfaat dari Internet of Things, banyak aplikasi IoT sudah digunakan secara luas, di berbagai domain, yaitu:

  • IoT Applications – Wearables

Wearable technology adalah ciri khas aplikasi IoT dan mungkin salah satu industri paling awal yang menggunakan IoT dalam layanannya. Saat ini penggunaan wearables banyak digunakan untuk memonitor kesehatan atau kebugaran pribadi maupun untuk meningkatkan efisiensi atau keselamatan di pekerjaan. Salah satunya yaitu perangkat untuk memantau glukosa. Perangkat ini dikembangkan untuk membantu orang yang menderita diabetes untuk mendeteksi kadar glukosa dalam tubuh. Dengan menggunakan elektroda yang disebut sensor glukosa yang ditempatkan di bawah kulit dan menyampaikan informasi melalui frekuensi radio ke perangkat pemantauan.

  • IoT Applications – Smart Home Applications

Smart home merupakan sistem dimana perangkat-perangkat rumah terhubung ke dalam jaringan atau sering disebut juga dengan Internet of Things (IoT). Dengan perangkat yang saling terhubung ini dapat memudahkan manusia untuk memantau dan mengendalikan rumah bahkan dari jarak jauh. Salah satu aplikasi smart home adalah kunci pintu dengan sistem smart lock yang memungkinkan penggunanya mengawasi orang-orang yang mengakses rumahnya bahkan dari jarak jauh.

  • IoT Applications – Health Care

Pelayanan kesehatan akan merevolusi sistem pelayanan kesehatan yang selama ini bersifat reaktif, menjadi bersifat proaktif dengan semakin berkembangnya teknologi IoT. IoT berfokus pada pembuatan sistem bukan hanya peralatan sehingga proses pemantauan dapat dilakukan secara real-time dan berkelanjutan. Salah satu contoh aplikasi IoT dalam kategori Health Care yaitu perangkat untuk mengukur kualitas tidur seseorang.

  • IoT Applications – Smart Cities

Aplikasi IoT sering kali dimanfaatkan oleh pemerintah dan insinyur untuk menganalisis faktor-faktor perencanaan kota seperti pengelolaan air, pengendalian limbah, dan keadaan darurat. Salah satu contohnya di Palo Alto, San Fransisco, adalah kota pertama yang mengatasi masalah lalu lintas dengan memanfaatkan IoT. Mereka menyadari sebagian besar mobil dijalanan berkeliling dan memutari blok yang sama untuk mencari tempat parkir sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas di kota. Dengan demikian, sensor dipasang di semua tempat parkir di sekitar kota. Sensor-sensor tersebut akan meneruskan status tempat ke dalam cloud. Sehingga sejumlah aplikasi dapat menggunakan data itu untuk memandu pengemudi melalui rute terpendek ke tempat terbuka.

  • IoT Applications – Agriculture

Statistik memperkirakan populasi dunia yang terus tumbuh mencapai hampir 10 miliar pada tahun 2050. Untuk memberi makan populasi sebesar itu, pertanian harus mendapat bantuan dari teknologi dan mendapatkan hasil terbaik. Ada banyak kemungkinan di bidang ini. Salah satunya adalah Smart Greenhouse. Teknik tersebut akan meningkatkan hasil panen dengan mengendalikan parameter lingkungan sehingga membuatnya lebih mudah dipantau dan memungkinkan kita untuk mengontrol iklim didalamnya. Sensor mengukur parameter yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pabrik dan mengirimkannya ke cloud. Lalu datanya akan diproses dan menerapkan tindakan kontrol.

  • IoT Applications – Industrial Automation

Menggunakan IoT, suatu perusahaan dapat menganalisis dan menanggapi preferensi pelanggan dengan lebih baik dengan mengirimkan konten dan solusi yang relevan. Hal ini membantu dalam meningkatkan strategi bisnis secara real-time. Dengan aplikasi IoT, seseorang bahkan dapat merekayasa ulang produk dan kemasannya untuk memberikan kinerja yang lebih baik dalam hal biaya dan pengalaman pelanggan.

Sumber:

https://www.edureka.co/blog/iot-applications/

https://selular.id/2017/11/pengamat-ungkap-tren-wearable-technology-di-indonesia/

https://bildeco.com/blog/mengenal-smart-home-berbasis-iot/

https://www.sales1crm.com/blog/solusi-smart-city-part-1-smart-healthcare


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close