School of Information Systems

Kecerdasan Buatan pada Fintech KoinWorks

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini teknologi memiliki peran yang sangat besar terhadap sebuah bisnis keuangan. Untuk otomatisasi layanan yang berbasis fintech, perusahaan menerapkan varian teknologi, salah satunya adalah KoinWorks. KoinWorks merupakan perusahaan fintech peer to peer landing di Indonesia. KoinWorks menghubungkan peminjam dan pendana yang saling memenuhi kebutuhan financial dalam satu platform online. Willy Wiraman selaku CTO KoinWorks mengatakan bahwa KoinWorks saat ini telah menerapkan kecerdasan buatan dengan mengusung konseo Computer Vision, Natural Language Processing, dan modelling.

            Computer Vision adalah bagaimana komputer / mesin dapat melihat dan mencakup metode untuk memperoleh, mengolah, menganalisis, dan memahami data visual, seperti: gambar dan video. Computer vision berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja mesin (sistem aplikasi) agar mampu mengekstraksi informasi sehingga mandiri dalam menyelesaikan suatu tugas. Computer vision berhubugan dan dapat diterapkan atau dikombinasikan dengan bidang lain, seperti: artificial intelligence, robotika, otomasi industri, pengolahan sinyal, dll.

Pengaruh dari computer vision pada fintech yaitu dengan melalui lensa kamera akan mengarah pada pengalaman pengguna yang lebih baik UX yang secara otomatis diakses dan dimasukkan melalui cara komputasi. Selain UX yang lebih baik, otomatisasi proses yang terkait melalui penggalian informasi dari dokumen memiliki kemampuan untuk mempercepat efisiensi internal, dan mendefinisikan kembali tenaga kerja

            Natural Language Processing merupakan sebuah ilmu computer untuk mengkondisikan mesin dapat berinteraksi secara alamiah dengan bahasa manusia. Naural Language Processing membantu komputer mamahami, menafsirkan, dan memanipulasi bahasa manusia. Salah satu hasil dari natural language processing adalah chatbot. Chatbot berfungsi untuk mengerti dan meningkatkan kemampuan beroperasi untuk beberapa bahasa di Asia Tenggara.

Pengaruh dari natural language processing pada fintech yaitu dapat menyediakan panduan keuangan kepada klien melaui pesan suara dan teks, mengenali emosi utama manusia dan menyesuaikan perilaku sesuai dengan suasana hati lawan bicaranya, dapat memberi informasi dan membimbing pengunjung dengan cara yang inovatif. Selain itu, dengan natural language processing memudahkan dalam menulis laporan keuangan berdasarkan pembaharuan pendapatan.

Sources:

http://ardiwinahyu.blogspot.com/2015/04/pengertian-computer-vision-dan.html

https://dailysocial.id/post/penerapan-teknologi-kecerdasan-buatan-untuk-startup-fintech

https://fintechnews.sg/27160/ai/the-potential-of-ai-in-banking-report/

https://hackernoon.com/computervision-ee192f917646

https://koinworks.com/id/education-center?utm_source=blog&utm_medium=organic&utm_campaign=lender&utm_content=menu

https://www.sas.com/id_id/insights/analytics/what-is-natural-language-processing-nlp.html

Riyanti Theresa Tedja

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031