People Innovation Excellence
 

Kecerdasan Buatan pada Fintech KoinWorks

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini teknologi memiliki peran yang sangat besar terhadap sebuah bisnis keuangan. Untuk otomatisasi layanan yang berbasis fintech, perusahaan menerapkan varian teknologi, salah satunya adalah KoinWorks. KoinWorks merupakan perusahaan fintech peer to peer landing di Indonesia. KoinWorks menghubungkan peminjam dan pendana yang saling memenuhi kebutuhan financial dalam satu platform online. Willy Wiraman selaku CTO KoinWorks mengatakan bahwa KoinWorks saat ini telah menerapkan kecerdasan buatan dengan mengusung konseo Computer Vision, Natural Language Processing, dan modelling.

            Computer Vision adalah bagaimana komputer / mesin dapat melihat dan mencakup metode untuk memperoleh, mengolah, menganalisis, dan memahami data visual, seperti: gambar dan video. Computer vision berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja mesin (sistem aplikasi) agar mampu mengekstraksi informasi sehingga mandiri dalam menyelesaikan suatu tugas. Computer vision berhubugan dan dapat diterapkan atau dikombinasikan dengan bidang lain, seperti: artificial intelligence, robotika, otomasi industri, pengolahan sinyal, dll.

Pengaruh dari computer vision pada fintech yaitu dengan melalui lensa kamera akan mengarah pada pengalaman pengguna yang lebih baik UX yang secara otomatis diakses dan dimasukkan melalui cara komputasi. Selain UX yang lebih baik, otomatisasi proses yang terkait melalui penggalian informasi dari dokumen memiliki kemampuan untuk mempercepat efisiensi internal, dan mendefinisikan kembali tenaga kerja

            Natural Language Processing merupakan sebuah ilmu computer untuk mengkondisikan mesin dapat berinteraksi secara alamiah dengan bahasa manusia. Naural Language Processing membantu komputer mamahami, menafsirkan, dan memanipulasi bahasa manusia. Salah satu hasil dari natural language processing adalah chatbot. Chatbot berfungsi untuk mengerti dan meningkatkan kemampuan beroperasi untuk beberapa bahasa di Asia Tenggara.

Pengaruh dari natural language processing pada fintech yaitu dapat menyediakan panduan keuangan kepada klien melaui pesan suara dan teks, mengenali emosi utama manusia dan menyesuaikan perilaku sesuai dengan suasana hati lawan bicaranya, dapat memberi informasi dan membimbing pengunjung dengan cara yang inovatif. Selain itu, dengan natural language processing memudahkan dalam menulis laporan keuangan berdasarkan pembaharuan pendapatan.

Sources:

http://ardiwinahyu.blogspot.com/2015/04/pengertian-computer-vision-dan.html

https://dailysocial.id/post/penerapan-teknologi-kecerdasan-buatan-untuk-startup-fintech

https://fintechnews.sg/27160/ai/the-potential-of-ai-in-banking-report/

https://hackernoon.com/computervision-ee192f917646

https://koinworks.com/id/education-center?utm_source=blog&utm_medium=organic&utm_campaign=lender&utm_content=menu

https://www.sas.com/id_id/insights/analytics/what-is-natural-language-processing-nlp.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close