People Innovation Excellence
 

SEJARAH SINGKAT  PERKEMBANGAN IOT

Perkembangan teknologi pada zaman sekarang yang semakin pesat, memungkinkan di masa yang akan mendatang penggunaan komputer mendominasi pekerjaan manusia dan mengalahkan kemampuan komputasi manusia seperti mengontrol peralatan elektronik, karena dengan IOT (Internet of Things) dapat mengontrol peralatan elektronik dari jarak jauh dengan menggunakan media internet. Perkembangan teknologi tersebut memiliki sejarah yang cukup  panjang. Berikut adalah sejarah singkat mengenai perkembangan IOT :

Sejak internet mulai dikenal pada tahun 1989, mulai banyak kegiatan yang yang dilakukan / dikerjakan melalui internet, berikut  adalah contoh beberapa  kegiatan tersebut:

Pada tahun 1990, John Ramkey bekerja sama dengan temannya  Simon Hackett  menciptakan ‘perangkat’ Pemanggang roti yang terhubung ke Internet dengan jaringan TCP / IP, dan dikendalikan dengan Basis Informasi Manajemen Protokol Manajemen Jaringan Sederhana (SNMP MIB), dengan  memiliki satu kontrol, untuk menyalakan daya, dan kegelapan roti panggang dikendalikan oleh berapa lama daya disimpan,namun manusia tetap harus memasukan roti ke dalam perangkat tersebut. Pada 1999 perkembangan perangkat ini dikembangkan  dengan menambahkan interop  yang merupakan  robot derek kecil  yang juga dapat dikendalikan melalui internet, yang memungkinkan mengambil roti dan menjatuhkan ke dalam perangkat tersebut, sehingga dapat membuat otomatisasi mesin dari end to end.

Tahun 1999, Kevin Ashton menciptakan The Internet of Things, direktur eksekutif Auto IDCentre, MIT. Mereka juga menemukan peralatan berbasis RFID (Radio Frequency Identification) global yang sistem identifikasi pada tahun yang sama. Penemuan ini disebut sebagai sebuah lompatan besar dalam commercializing IoT.

Tahun 2000 LG (Lucky and Goldstar) yang merupakan  perusahaan multinasional dari korea selatan mengumumkan rencananya menciptakan kulkas pintar yang akan menentukan sendiri apakah bisa atau tidak makanan yang tersimpan di dalamnya diisi ulang.

Pada tahun 2003 RFID mulai ditempatkan pada tingkat besar besaran di militer AS di Program Savi mereka. Pada tahun yang sama melihat raksasa ritel Walmart untuk menyebarkan RFID di semua toko toko di seluruh dunia untuk lebih besar batas.

Pada tahun 2005 arus publikasi utama seperti The Guardian, Amerika ilmiah dan Boston Globe mengutip banyak artikel tentang IOT.

Pada tahun 2008 kelompok perusahaan meluncurkan IPSO Alliance untuk mempromosikan penggunaan Internet Protocol (IP) dalam jaringan dari “Smart object” dan untuk mengaktifkan Internet of Things.

Pada tahun 2008 FCC menyetujui penggunaan “white space spectrum”. Akhirnya peluncuran IPv6 di tahun 2011 memicu pertumbuhan besar di bidang Internet of Things, perkembangan ini didukung oleh perusahaan besar seperti Cisco, IBM, Ericson mengambil inisiatif banyak dari pendidikan dan komersial dengan IOT teknologi dapat hanya dijelaskan sebagai hubungan antara manusia dan komputer.

Kesimpulannya adalah perkembangan Internet of things sudah berjalan kurang lebih 30 tahun, dan pada jaman ini hampir  semua peralatan yang kita gunakan dalam kehidupan kita  sehari hari dapat dikendalikan dan dipantau dengan menggunakan IOT, yang dimana mayoritas proses dilakukan dengan bantuan sensor di IOT. Sensor ini berfungsi untuk mengkonversi data fisik mentah menjadi sinyal digital dan mengirimkan ke pusat kontrol. Dengan cara tersebut, kita bisa memonitor perubahan lingkungan jarak jauh dari setiap bagian dari dunia melalui internet.

Sumber:

Junaidi, A., 2015. INTERNET OF THINGS, SEJARAH, TEKNOLOGI DAN. INTERNET OF THINGS, SEJARAH, TEKNOLOGI DAN REVIEW , p.2.

https://www.livinginternet.com/i/ia_myths_toast.htm

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close