School of Information Systems

Manfaat Visualisasi Data

Data Visualization atau visualisasi data adalah representasi grafis dari data untuk membantu orang untuk memahami konteks dan signifikansi dari suatu data. Visualisasi data interaktif memungkinkan perusahaan untuk menelusuri rincian data, mengidentifikasi pola dan outlier, dan mengubah data mana yang diproses dan / dijadikan pengecualian. Manfaat Visualisasi Data antara lain:

  1. Membawa Wawasan Lebih Cepat
    Memberdayakan semua orang untuk mengubah data menjadi wawasan dengan cepat dan mudah. Visualisai data membantu membangun pemahaman tentang bagaimana kinerja bisnis dan perluang serta resiko apa yang berkembang.
  2. Membuat Keputusan yang Lebih Cerdas dan Lebih Cepat
    Organisasi dapat membuat keputusan yang didorong oleh data dengan visualisasi yang menampulkan data secara real-time.
  3. Memberdayakan orang dengan Advanced Analytics
    Lebih banyak organisasi yang dapat memanfaatkan dashboard interaktif yang mudah digunakan dengan geospasial internal, prediksi satu-klik, dan analisis aliran untuk mengembangkan wawasan yang lebih dalam, menemukan pola tersembunyi, dan bertindak berdasarkan peluang bisnis bernilai tinggi.
  4. Meningkatkan Nilai Produk atau Jasa
    Data memiliki nilai yang luar biasa, namun sebagian besar pengguna tidak memiliki waktu atau kesabaran untuk mempelajari alat bisnis khusus. Membuat data nyaman dan intuitif bagi pengguna dengan menanamkan analisis dalam aplikasi dan bisnis proses mereka.
  5. Meluangkan Lebih Sedikit Waktu untuk Permintaan Analisis Kustom
    Simpan tim teknis Anda dari penulisan kode khusus untuk setiap laporan atau visualisasi dan dari tugas-tugas intensif yang berulang waktu. Alih-alih, izinkan mereka untuk fokus membangun produk atau layanan inti Anda dengan memungkinkan pengguna akhir untuk memvisualisasikan dan mendapatkan jawaban dari data sendiri.

Sumber: https://www.tibco.com/reference-center/guide-to-data-visualization

Arvira S