People Innovation Excellence
 

Perkembangan Smart City di Indonesia

Perkembangan Smart City di Indonesia

Pengertian

Smart City merupakan bagian dari implementasi Internet of things (IoT) di Indonesia. Objek dari program Smart City di Indonesia adalah masyarakat, pemerintah, dan infrastruktur kota. Smart city memiliki konsep kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Sebuah kota bisa disebut sebagai kota pintar atau smart city jika sudah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional sehari-hari. Integrasi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, membagikan informasi kepada publik, hingga memperbaiki pelayanan kepada masyarakat ataupun meningkatkan kesejahteraan warga.

6 Indikator Smart City

Untuk tercapainya program Smart City di Indonesia, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan dalam pengembangannya. Menurut Beesmartcity, perusahaan penyedia solusi perkotaan asal Jerman menyebutkan bahwa ada enam indikator Smart City.

  1. Smart Economy

Hal ini dapat dlihat dari bagaimana cara pemerintah dan masyarakat bekerja sama untuk menarik investor, dan meningkatkan daya tarik kota. Akhirnya, akan membuka lapangan kerja baru, percepatan pertumbuhan ekonomi, dan keuntungan ekonomi lainnya.

  1. Smart Environment

Waste management, water management, dan energi alternatif yang ramah lingkungan menjadi objek untuk dikembangkan. Misalnya, kini pemerintah Indonesia sedang gencar mengurangi sampah plastik. Berbagai cara dilakukan untuk mendaur ulang sampah plastik dan memperlambat pertumbuhannya.

  1. Smart Government

Pemerintah harus dapat memfasilitasi perubahan, dan perkembangan social dengan baik. Misalnya, lewat regulasi ekonomi strategis yang dibuat untuk mendorong perkembangan UKM & industri kreatif.

  1. Smart living

Smart living yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat menjadi indikator selanjutnya. Memberikan fasilitas berupa informasi tentang kesehatan, mengembangkan kurikulum melek digital, dan membangun fasilitas ramah difabel merupakan beberapa cara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  1. Smart Mobility

Berfokus pada peningkatan kualitas transportasi bagi masyarakat urban. Apalagi, kemasyhuran Jakarta sebagai kota macet, MRT & LRT dipandang sebagai solusi pengurai macet Jakarta

  1. Smart People

Semua indikator kuncinya yaitu pada kualitas masyarakat dan pemerintahnya. Tanpa ada kerjasama dari kedua pihak, mustahil Smart City di Indonesia bisa berjalan dengan baik.

Lalu, bagaimana cara mengintegrasikan masyarakat, pemerintahan dan infrastruktur kota? Setiap kota memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Untuk mengaplikasikan Smart City di Indonesia tidaklah mudah. Salah satu caranya adalah pembuatan aplikasi. Namun, belum tentu metode yang dipakai Kota Jakarta untuk program Smart City bisa dipakai juga oleh kota-kota lain di Indonesia. Untuk itu, mengetahui kebutuhan setiap kota menjadi penting untuk menciptakan aplikasi yang tepat.

Ide pengaplikasian Smart City pada beberapa kota di Indonesia

  • Surabaya

Beragam layanan terintegrasi dengan teknologi seperti e-Health yang merupakan aplikasi pendaftaran di pusmesmas maupun rumah sakit. Ada pula e-Kios yang mempermudah masyarakat dalam mengurus pendaftaran perizinan. Lalu Solid Waste Transportation (SWAT) atau sistem manajemen pengangkutan sampah. Sistem ini berguna untuk mengidentifikasi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA), identifikasi sumber sampah, optimalisasi rute pengangkutan, hingga efektivitas pemakaian BBM.

  • Bandung Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan portal terintegrasi yang berisi semua layanan dan informasi terpadu. Layanan tersebut dapat diakses di smartcity.bandung.go.id. Ada pula aplikasi di bidang kependudukan yang dinamakan E-Punten. Aplikasi ini ditujukan unuk warga pendatang yang tinggal sementara di Kota Bandung tanpa mengubah kartu tanda penduduk.

Referensi

https://id.techinasia.com/apa-itu-smart-city-dan-penerapan-di-indonesia

https://properti.kompas.com/read/2018/11/09/200823221/seperti-apa-perkembangan-smart-city-di-indonesia?page=3

http://technos-studio.com/2019/07/10/apa-itu-smart-city/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close