School of Information Systems

Evaluasi Relasi Antar Kategori Data pada TIBCO Spotfire X

Evaluasi Relasi Antar Kategori Data

            TIBCO Spotfire X dapat digunakan untuk memvisualisasikan hubungan/relasi antar kategori data yang ada pada sebuah basis data. Salah satu cara untuk memvisualisasikan relasi antar kategori data adalah menggunakan visualisasi Scatter Plot atau sering disebut sebagai Diagram Tebar, diagram ini sering digunakan untuk pengujian hubungan dari 2 variabel, digambarkan oleh sekumpulan titik – titik dari nilai suatu variabel.

Cara Pembuatan

            Berikut ini adalah langkah – langkah pembuatan Visualisasi Scatter Plot dalam Spotfire X:

  1. Buka data yang akan digunakan sebagai objek evaluasi pada Spotfire X, pada contoh ini saya akan menunjukkannya dengan data Tibco Mega Mart (dapat di unduh menggunakan link berikut : http://bit.ly/2ILSg2L)
  2. Pilih kategori yang ingin di analisa pada kategori X ataupun Y
  3. Pilih menu Visualization > Add Visualization, pilih Scatter Plot, sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah
  4. Untuk mempermudah analisa (jika dibutuhkan), warna semua kategori dapat diatur pada opsi di bagian kanan diagram visualisasi, pada contoh ini saya akan menghapus kategori Store Location sehingga menyisakan 2 kategori saya untuk dibandingkan yaitu Clothing dan Groceries.
  5. Pengguna dapat mengganti penanda ketika dibutuhkan, pada contoh ini saya akan mengganti penanda yang awalnya Number menjadi Store Number, dengan memilihnya pada menu Marker By.

  1. Pengguna juga dapat menarik garis untuk menghubungkan relasi yang terjadi dengan cara klik kanan pada diagram kemudian memilih Properties, pilih menu Lines & Curves, centang pilihan yang diinginkan dan tempat peletakan garis tersebut, pada contoh ini saya akan memilih pilihan garis lurus (Straight Line Fit : Straight Line) dan diletakan pada Background (Place in : Background)

  1. Hasil akhir yang akan ditampilkan aplikasi adalah sebagai berikut

Alvian Shanardi Wijaya