School of Information Systems

Tantangan IoT

Di Era ini perkembangan Intenet of Things (IoT)  berkembang dengan sangat cepat, mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, industri, ekonomi hingga ke sektor pertanian dan masih banyak bidang lainnya. Namun dalam perkembangan tersebut, IoT mempunyai tantangan yang cukup besar yaitu dalam bidang berikut :

  1. Keamanan
    Dalam pengembangannya, IoT harus sangat memperhatikan sisi keamanan pada jaringannya., karena apapun yang terdapat dalam jaringan memungkinkan serangan dari hacker yang dimana mungkin hacker dapat mengakses data pribadi dari pengguna, dikarenakan beberapa aplikasi IoT memiliki akses ke informasi pengguna seperti detak jantung, kapan kita tidur dan bangun tidur, dsb. Apabila data tersebut bocor atau disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab, memungkinkan orang dapat merencanakan pencurian rumah dan lain lain.
  1. Media Penyimpanan Data
    Dalam pengembangan IoT memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar karena IoT merupakan big data,dan data yang disimpan berasal dari perangkat yang saling terhubung dalam bentuk streaming dari perangkat IoT, selain itu data yang dihasilkan memicu konsumsi energi yang besar,yang menyebabkan meningkatnya konsumsi energi yang diperlukan. Energi merupakan beban biaya yang paling besar untuk menjalankan sistem.
  1. Interoperabilitas
    Interoperabilitas merupakan kapabilitas dari sebuah sistem, hal ini menjadi tantangan dikarenakan ketersediaan perangkat hemat daya yang mampu melakukan pertukaran data secara rutin dalam jaringan yang stabil.
  1. Pengembangan IoT
    Masalah terbesar adalah bahwa banyak perusahaan melakukan inovasi yang cepat dalam riset dan pengembangan IOT tanpa memahami tantangan yang akan di hadapi. Banyak perangkat yang mengaku memiliki fitur “Internet of Things” seolah tidak menyederhanakan konsep “terkoneksi”, namun membuat aktifitas menjadi lebih rumit, selain itu  sebagian besar orang-orang yang terlibat dalam pengembangan IOT hanya memiliki keahlian dalam perangkat lunak saja.
  1. Standardisasi Teknologi
    Standardinasi menjadi hambatan dikarenakan belum adanya standard dalam sisi platform, konektivitas, dan model bisnis.
  1. Implementasi
    Pada saat implementasi IoT, menjadi sulit dikarenakan sifat dari IoT yang kompleks dan komponen IoT yang heterogen
  1. Koneksi Wireless
    Karena  IoT merupakan big data pemilihan koneksi wireless menjadi hal yang sulit dikarenakan ada beberapa factor yang harus diperhatikan antara lain : biaya fungsional, biaya server, umur hidup baterai, bandwidth dll

Sumber :
https://www.smeportal.sg/content/smeportal/en/industries/Industry-Highlights/2016/driving-iot-growth-in-asia.html

Jeffrey Arief Mulyono