People Innovation Excellence
 

Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Dalam Dunia Kerja di Era Industri 4.0

Pada zaman sekarang bisa disebut sebagai era industri baru yang ditandai dengan era digitalisasi di berbagai sektor kehidupan. Hal ini menyebabkan teknologi sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Karena dengan munculnya teknologi di kehidupan manusia ini dapat menimbulkan dampak mulai dari pengerjaan yang manfaatnya bersifat individu maupun bersifat kelompok/industri. Inovasi teknologi yang terjadi di revolusi industri 4.0 tidak hanya berdampak terhadap berbagai macam pekerjaan yang bersifat konvesional dengan mesin saja, akan tetapi terdapat juga perubahan budaya kerja diberbagai sektor industri.

Berdasarkan paparan artikel di laman World Economic Forum, untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh revolusi industri 4.0, seorang pekerja harus memiliki kemampuan yang tidak akan bisa dilakukan oleh mesin. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki pada era Industri 4.0 agar tidak ter-eliminasi dalam dunia kerja :

  • Critical Thinking : ada produk yang tidak bisa didapatkan dari mengotomasi pekerjaan, yaitu Inovasi. Inovasi bisa didapatkan dari berpikir kristis dan analitis
  • Complex problem solving : teknologi memudahkan kita untuk melakukan banyak pekerjaan. Tapi masih banyak variable dalam realita kita yang belum bisa diproses oleh teknologi. Oleh karena itu, pengambilan keputusan menggunakan teknologi masih perlu dianalisa dan dievaluasi secara manual oleh manusia untuk memastikan bahwa keputusan yang diambil bisa dan aman untuk diaplikasikan.
  • Creativity, Originality, and Initiative : meskipun artistic creativity itu penting juga untuk Insutri, yang dimaksud disini adalah Technical Creativity. Dalam konteks ini maksudnya adalah kreatif dalam menggunakan teknologi baru.
  • Active Learning and Learning Strategies : di dunia yang perubahannya sangat cepat ini, kemampuan belajar dan terus meng-upgrade diri jadi sangat penting buat semua kalangan (anak muda hingga dewasa)
  • Emotional intelligence : Kemampuan untuk mengelola dan mengontrol emosi diri sendiri. Selain itu, mampu untuk bersikap kooperatif dan peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain dalam lingkungan pekerjaannya.
  • People management : Kemampuan untuk memimpin, memotivasi, mengembangkan, mengatur, mengarahkan dan memanfaatkan sumberdaya dalam suatu pekerjaan secara efektif. Selain itu, mampu mengidentifikasi sumberdaya terbaik untuk pekerjaan tertentu.
  • Cognitive flexibility : Kemampuan untuk menyusun secara spontan suatu pengetahuan sebagai respon penyesuaian diri melalui sifat terbuka terhadap perubahan dan keragaman dalam tuntutan situasional.
  • Attention to detail, trustworthiness : Kemampuan teliti, dapat diandalkan dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan pekerjaan dan kewajiban. Selain itu, hal lain yang dibutuhkan adalah kejujuran dan etika dalam bekerja.

 

 References

Media, K. (2019). Ingat, Ini “Skill” yang Harus Dimiliki di Era Industri 4.0 Halaman all – Kompas.com. Retrieved 20 August 2019, from https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/31/10222981/ingat-ini-skill-yang-harus-dimiliki-di-era-industri-40?page=all

Perubahan Dunia Kerja akibat Revolusi Industri 4.0. (2019). Retrieved 20 August 2019, from https://www.kompasiana.com/sayepulhendrawan9045/5ceaaa0f3ba7f77c6240f9c4/perubahan-dunia-kerja-akibat-revolusi-industri-4-0


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close