People Innovation Excellence
 

When to use Table in TIBCO

When to use Table in TIBCO

            TIBCO menyediakan banyak grafik yang dapat digunakan untuk visualisasi data. Beberapa grafik yang paling populer adalah grafik seperti pie chart, graph bar, line bar ,dll. Tetapi ada saatnya ketika melakukan data visualisasi, analis menggunakan tabel dibandingkan grafik lain.  Grafik adalah model dan diagram yang baik digunakan untuk mempresentasikan suatu data dengan tampilan yang menarik dan mudah dimengerti. Tetapi, dengan menggunakan grafik, data yang ditampilkan biasanya tidak bisa mempresentasikan data yang memang bernilai kompleks.

            Dibandingkan dengan grafik yang digunakan sebagai abstraksi relasi suatu data yang tepat digunakan untuk dilihat, Tabel merupakan model yang ditunjukan bukan hanya untuk dilihat tetapi dibaca. Jadi tabel merupakan model ideal yang tepat digunakan jika analis ingin mempresentasikan data sesungguhkany yang kompleks dan rumit. Selain itu, tabel merupakan diagram yang mempunyai nilai akurasi yang baik (dapat bertuliskan angka sesungguhnya, dan bukan pembulatan).

Tabel membantu pembaca untuk memahami data yang memiliki dimensi yang berbeda. Tabel baik digunakan untuk meneliti lebih dalam alasan dan suatu dasar dari suatu fenomena. Contoh, grafik dapat menunjukan berapa banyak pasien yang terkena penyakit dari jangka waktu tertentu hingga jangka waktu tertentu, tetapi tabel dapat menunjukan alasan suatu penyakit terjadi, resiko penyakit tersebut, angka pasti penyakit itu datang di berbagi daerah dan lain-lain.

Tabel juga lebih baik digunakan dibandingkan dengan grafik jika analis ingin melakukan Analisa keuangan dikarenakan dapat mengakomodasi data pivot dan dapat melakukan konversi mata uang, dll. Tabel juga baik digunakan jika analis inging melakukan Analisa data menggunakan tanggal sebagai parameter.

Menggunakan tabel bisa saja menjadi pilihan yang tepat dalam mempresentasikan suatu data dengan akurasi yang baik dan tingkat kerumitan yang tinggi, tetapi, ada beberapa langkah yang harus diingat jika analis ingin membuat tabel yang baik dan mudah untuk dimengerti. Hal itu adalah sebagai berikut:

  • Melakukan seistemisasi kebutuhan data yang ingin ditampilkan
  • Merepresntasikan data yang ingin di highlight dengan warna yang mencolok.
  • Merepresntasikan data yang berbeda (missal data pada kolom lain) dengan warna yang berbeda.
  • Membuat judul row dan header yang jelas dan sependek mungkin.
  • Memberikan fungsi yang jelas dan keterngan yang jelas.

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close