School of Information Systems

Predictive Analytics in Real Time with Spotfire

TIBCO Spotfire membuat analitik yang canggih, prediktif, mudah, dapat dikonsumsi, dan dapat diakses untuk semua orang langsung dari antarmuka pengguna. Out-of-the-box, Spotfire memberikan ilmu data sekali klik dengan metode statistik dan pembelajaran mesin untuk memprediksi hasil secara real time, membantu semua pengguna tumbuh dalam efisiensi, keterampilan, dan kecerdasan. Kemampuan-kemampuan yang bisa didapat dengan TIBCO Spotfire X dalam hal visual analytics antara lain:

  • Built-in Data Science

Out-of-the-box linked view, one-click prediction, dan profil data proaktif memudahkan memulai dengan analitik canggih — untuk klasifikasi, pengelompokan, peramalan, dan banyak lagi. Visualisasi data dan hasilnya ditampilkan di dasbor interaktif, dan menggunakan ilmu data yang lebih dalam dan perhitungan custom pada Platform Sains Data TIBCO atau menggunakan fungsi data spotfire dan kode R, Python, SAS, atau Matlab.

  • Analytics Apps Extends Expertise

Mudah untuk membangun dan menggunakan aplikasi bisnis yang intuitif. API out-of-the-box, konektivitas ke data apa pun, visualisasi khusus dan perhitungan, dan metode statistik dapat mendorong tindakan di berbagai sistem. Kita juga dapat menambahkan model prediktif khusus dan melakukan visualisasi dan mendapatkan hasil secara real-time.

  • One-click Statistics and Relationships

Perhitungan kontekstual yang mudah sangat kuat: statistik deskriptif, kesamaan, pengelompokan, korelasi, pemasangan, perkiraan, box plot, dan banyak lagi. Menemukan hubungan antara kolom dengan Data Relationships Tool. Menggunakan metode statistik untuk variabel kategori berkelanjutan seperti regresi linier, Anova, Chi-square, dan lainnya. Plot diagnostik model secara otomatis atau membuat diagnostik model visual kita sendiri.

  • Unique Data Science Language Integration

Data Functions menjalankan model prediksi kustom, dan TIBCO Enterprise Runtime R (TERR) berjalan di dalam analisis apa pun. Kita dapat melatih dan menggunakan model dengan TERR atau Python, dan menggunakan paket dan basis data analitik canggih yang populer. TIBCO dapat mengintegrasikan beberapa tabel, kolom, dan nilai dengan titik-dan-klik untuk visualisasi yang tidak mungkin dilakukan dengan produk lain.

  • Machine Learning Algorithmic Models

Spotfire menyediakan akses mudah ke algoritma Machine Learning (ML) yang melatih data untuk mengembangkan model yang dapat mengidentifikasi pola yang kompleks dan membuat prediksi yang sangat akurat. Bergantung pada Spotfire untuk menyelesaikan kasus penggunaan yang rumit: analisis penyebab utama, pengawasan dan optimisasi produksi, segmentasi mikro, personalisasi, retensi pelanggan, penilaian aset, anomali dan deteksi penipuan, dan banyak lagi.

  • Advanced, Intelligent Data Visualization

Dengan AI (Artificial Intelligence) dan ML (Machine Learning), kita dapat mengembangkan wawasan tanpa tahu ke mana harus mencari dan menemukan pola, tren, dan pencilan. Dalam TIBCO, kita dapat menggunakan peramalan dalam bentuk bagan garis, plot kotak, hubungan data, pengelompokan, pemodelan, kolom terhitung, dan ekspresi untuk visualisasi khusus — dan penandaan dan penyaringan yang dapat diatur secara opsional di seluruh tabel.

Sumber: https://www.tibco.com/products/tibco-spotfire/predictive-analytics

Arvira Swarnadwitya