People Innovation Excellence
 

Inisiatif Program sebagai Jawaban Tantangan Industri 4.0 di Indonesia

Revolusi Industri 4.0 itu berdampak luas, terlebih pada sektor lapangan kerja. Mckinsey Global Institute menyebutkan Revolusi Industri 4.0 akan menghilangkan 800 juta lapangan kerja di seluruh dunia hingga tahun 2030 karena pekerjaan mereka diambil alih robot dan mesin. Khusus di Indonesia, akan ada sekitar 3,7 juta lapangan kerja baru yang terbentuk, tetapi ada sekitar 52,6 juta lapangan kerja berpotensi hilang akibat revolusi digital. Ancaman Revolusi Industri 4.0 adalah tergusurnya sejumlah lapangan kerja di tengah masalah pengangguran dan postur tenaga kerja yang belum bersaing. Sekitar 60 persen angkatan kerja Indonesia adalah lulusan SMP ke bawah.

Maka dari itu, pemerintah Indonesia terus mengenalkan berbagai inisiatif program yang telah dilakukan di Indonesia sebagai upaya untuk menjawab berbagai tantangan global. Tujuannya adalah menunjukkan kesiapan Indonesia menuju globalisasi 4.0 melalui penguatan sektor ekonomi digital dan upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Berikut adalah beberapa inisiatif program yang diangkat oleh pemerintah Indonesia :

  1. Next Indonesia Unicorn (NextIcorn)
    Kemenkominfo mengatakan program ini diselenggarakan untuk mengangkat perekonomian digital dengan mempromosikan startup potensial dengan investor di berbagai negara. Startup NextICorn adalah perusahaan berbasis teknologi yang telah memperoleh pendanaan luar sebesar US$100.000 atau pendanaan mandiri dengan tingkat pertumbuhan tertentu. Startup juga harus terdaftar dan berbadan hukum baik PT maupun PMA dan memiliki sekurangnya satu pendiri berkebangsaan Indonesia dengan kepemilikan saham minimal 25%.
  2. Tri Hita Karana
    Program Tri Hita Karana dilakukan sebagai upaya untuk melindungi laut dari sampah plastik. Sebelumnya, gerakan Tri Hita Karana for Clean Bali telah dilakukan, dan penggunaan plastik sekali pakai dilarang sejak bulan Juni 2018. Upaya ini dilakukan untuk keberlanjutan dari sumber laut. Sudah lama plastik menjadi ancaman bagi lingkungan dan juga kehidupan manusia. Sehingga dampak buruknya untuk generasi Indonesia selanjutnya harus ditangani dengan baik. Tri Hita Karana sendiri merupakan filosofi masyarakat Bali yang mengusung tiga konsep hubungan manusia dalam kehidupan, yaitu hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam sekitar, dan hubungan dengan Tuhan yang saling terkait satu sama lain.
  3. Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0)
    Program yang akan diluncurkan oleh Kementerian Perindustrian pada tahun 2019 ini merupakan program self-assessment untuk mengukur kesiapan pelaku industri menghadapi industri 4.0. Indeks ini nantinya menjadi acuan yang digunakan industri dan pemerintah untuk mengukur tingkat kesiapan menuju industri digital.
    Dalam pelaksanaannya, pemerintah juga akan menguatkan kesiapan industri melalui program mentoring, training, dan sertifikasi. Peningkatan kapasitas SDM juga dilakukan dengan memperkuat penguasaan teknologi, melalui peningkatan akses pendidikan salah satunya melalui pendidikan vokasi. Targetnya adalah mencapai 1 juta tenaga kerja bersertifikat di 2020

Sumber :
https://www.beritasatu.com/nasional/540409/songsong-industri-40-presiden-akan-dirikan-seribu-blk


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close