School of Information Systems

Data Wrangling with Spotfire: Capabilities

Langkah pertama untuk mendapatkan wawasan dari kegiatan analisis adalah memastikan data yang terorganisir, akurat, dan dapat ditindaklanjuti. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa 50–80% waktu analisis dihabiskan untuk mempermasalahkan data yang memiliki kesalahan, ketidakkonsistenan, dan organisasi yang buruk untuk analisis.

Data Wrangling secara inline dan otomatis pada TIBCO Spotfire memungkinkan kita menghubungkan, mencampur, membersihkan, dan menangani data dari sumber apa pun. Spotfire menghasilkan aliran data otomatis yang merekam langkah-langkah kita di data canvas, menciptakan aliran data yang dapat diaudit untuk mengedit, digunakan kembali, berbagi, dan meningkatkan skala analitik di seluruh organisasi dengan mudah. Kemampuan-kemampuan yang bisa didapat dengan TIBCO Spotfire dalam hal data wrangling antara lain:

  • Fast and Easy Inline Data Wrangling

Data Wrangling secara inline memungkinkan pengguna bisnis membuat penyesuaian: Mashup kolom dan baris dari berbagai sumber data; unpivot dengan satu klik; mengubah tipe data, kategori, dan nama kolom; secara dinamis mengelompokkan kolom dari visualisasi; memodifikasi urutan sortir; memisahkan kolom; dan membersihkan data dengan mengganti nilai yang salah atau hilang. Dukungan API lengkap memungkinkan kita untuk menambahkan fungsi, seperti menambah atau mengubah tipe gabungan untuk memicu wawasan yang lebih dalam.

  • Self-documenting Data Canvas

Spotfire secara otomatis membangun data pipeline pada sumber tampilan data canvas yang mendokumentasikan semua perubahan yang dibuat. Kemampuan untuk melacak dan kemampuan audit model data dapat dipastikan dengan informasi tentang sumber data, koneksi, operasi, dan transformasi yang secara otomatis direkam. Dan model data tersebut dapat diekspor untuk digunakan kembali.

  • Turbocharged Recommendations Engine

Rekomendasi otomatis untuk struktur data dan hubungan di-memori dan di-database menghemat waktu. Sebagai contoh, rekomendasi menyarankan kita untuk menambah baris pada tabel bahkan sebelum data dimuat; menautkan tabel untuk mengonfigurasi penandaan bersama secara instan; menawarkan pilihan dalam pemuatan data yang membuatnya mudah untuk memilih antara tabel di-database dan di-memori; dan kategorisasi kolom dalam basis data untuk mempermudah navigasi data besar.

  • Broad, Automated Data Access

Dengan native connector, kita dapat dengan mudah terhubung ke dan memadukan data dari database relasional dan NoSQL; OLAP; Apache Drill, Hadoop, dan Spark SQL; Impala; SAP HANA; dan banyak lainnya — dan ke aplikasi cloud seperti Amazon Redshift, Databricks, RDS, Database SQL Microsoft Azure, Google Analytics, dan Salesforce. Atau dengan mudah membangun konektor khusus. Natural Languange Query (NQL) memungkinkan kita untuk  mencari data atau konektor apa pun

  • Automation & Scalability

Layanan Otomasi Spotfire mengotomatiskan pekerjaan seperti pemuatan data, data wrangling, transformasi, dan ekspor data dan PDF. API yang luas dapat memicu otomatisasi berdasarkan peristiwa. Update Spotfire yang terjadwal memungkinkan kita untuk memasukkan analisis ke dalam memori sehingga tim dapat mengaksesnya dengan cepat. Atur waktu untuk mengunggah file-file, terutama file besar, selama jam libur dapat membuat penggunaan sumber daya yang lebih efisien.

Sumber:

https://www.tibco.com/products/tibco-spotfire/data-wrangling

Arvira Swarnadwitya