People Innovation Excellence
 

KONSEP SMART HOME DALAM PERKEMBANGAN IOT

KONSEP SMART HOME DALAM PERKEMBANGAN IOT

OLEH : Adam Fahsyah Nurzaman

            Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

            Secara sederhana, IoT adalah konsep yang pada dasarnya menghubungkan setiap alat dengan tombol on dan offkepada internet atau sebaliknya. Hal ini termasuk segala alat mulai dari telepon genggam, mesin pembuat kopi, mesin cuci, headphone, lampu, dan alat elektronik lainnya. Teknologi ini juga dapat diterapkan pada komponen mesin, contohnya mesin jet pesawat atau mesin bor pada pengeboran minyak. Bahkan sebuah Perusahaan Analis Gartner mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan ada lebih dari 26 juta alat elektronik yang terkoneksi dengan internet.

Source : https://www.youtube.com/watch?v=n8MJd8E_kTM

Rumah pintar masa depan dapat didefinisikan dengan Intelligent building atau disebut juga Building Automation Systems (BAS) yang mampu mengatur sistem pengatur udara, ventilasi, dan penghangat atau Heating, Ventilation and Air Conditioning (HVAC systems). Rumah modern otomatis tersebut dihubungkan dengan bluetooth, wireless, atau internet sehingga memungkinkan untuk mengontrol berbagai aktivitas domestik seperti mengatur mesin pembuat kopi ketika Anda ingin sarapan, sistem pencahayaan ketika selepas Anda bekerja atau beristirahat di malam hari, sistem pengaturan waktu pada jam digital dan keamanan serta alarm kebakaran. Semua hal ini dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik pada gadget Anda, dan bukan tidak mungkin Anda bisa mengeprint materi yang diinginkan di rumah walaupun Anda sedang berada di kantor.

Manfaat dari penggunaan rumah pintar ini adalah menghemat waktu, biaya, dan menyediakan kenyamanan dan keamanan. Teknik ini dapat mengurangi biaya operasi dan meningkatkan efisiensi karena mampu mengontrol beberapa sistem dari satu sistem interface yang terpusat. Hal ini juga mampu menghemat efisiensi energi karena menyediakan multi kemampuan dalam penyimpanan energi, pelepasan beban dan teknologi pemindahan material.

Perkembangan ini akan membawa kepada bentuk komunikasi baru di antara manusia dan benda serta di antara benda dan benda yang mungkin tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Aplikasi rumah pintar ini dilengkapi dengan jenis sensor yang berbeda, notasi matematika, algoritma dan tentunya teknologi robot terapan yang mutakhir dimana para desainer, insinyur, IT programmer bekerja sama dalam menentukan jenis perintah dan kode yang tepat kepada program robot dan juga dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya (friendly user).

Referensi :

https://warstek.com/2018/05/26/iot/

http://kupasterus.blogspot.com/2015/07/smart-home-sebagai-bentuk-implementasi.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close