People Innovation Excellence
 

Mengenal Internet of Thing

Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet. Internet of Things adalah dimana kegiatan sehari-hari ataupun perusahaan memiliki jaringan dengan internet, dimana data akan ditarik kemudian dianalisa dan dilakukan pengambilan keputusan/solusi.

A Things” pada Internet of Things dapat didefinisikan sebagai subjek misalkan orang dengan monitor implant jantung, hewan peternakan dengan transponder biochip, sebuah mobil yang telah dilengkapi built-in sensor untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah. Sejauh ini, IoT paling erat hubungannya dengan komunikasi machine-to-machine (M2M) di bidang manufaktur dan listrik, perminyakkan, dan gas. Produk dibangun dengan kemampuan komunikasi M2M yang sering disebut dengan sistem cerdas atau “smart”. Sebagai contoh yaitu smart kabel, smart meter, smart grid sensor.

Komponen IoT :

  1. Security: data-data yang dikumpulkan harus ada keamanannya.
  2. Fast: Data akan dikumpulkan setiap detik
  3. Open: Ga harus mesin baru, mesin lama juga bisa dilakukan penarikan data
  4. Scalable: Diawali dari skala kecil, lalu memperlebar scope.

Tiga hal penting dalam Internet of Things :

  1. Connect your things
    Menghubungkan sistem perusahaan ke jaringan. Ex: sensor tracking
  1. Turn into insight
    Menarik data dari sistem/ produk/ mesin/ robot yang dipasangin sensor setiap detiknya.
  1. Transform your business
    Jika sistem/ produk yang dipasangin sensor hanya dikumpulkan datanya, tidak akan membuahkan apapun. Namun, datanya haruslah dianalisa/diprediksi untuk dilakukan selanjutnya decision making.

Contoh nyata 1:

Real Madrid merupakan kelompok pesepak bola yang terkenal di dunia. Mereka menerapkan IoT (Internet of Things). Saat masa latihan, setiap pemain dipasangkan sebuah alat sensor dipakaian mereka. Sensor ini berguna untuk menganalisa dan men-tracking kecepatan, detak jantung, akurasi setiap pemain saat latihan. Ketika latihan dimulai, data akan ditarik kedalam Laptop sipelatih yang sudah disambungkan dengan sensor tersebut. Apa gunanya data tersebut? Berdasarkan data, pelatih dapat mengetahui kapasitas masing-masing pemain. Setelah itu, pelatih akan mengalokasikan setiap pemain pada tanggung jawab tertentu saat bermain bola sekaligus membuat strategi untuk memenangkan pertandingan bola.

Contoh nyata 2:

Rolls Royce merupakan perusahaan yang menyediakan/ menjual jet engine as a service ke airlines. Engine ini telah di pasangin sensor dibeberapa titik. Sensor ini akan mengirimkan data berupa prediksi/kondisi mesin pesawat kepada pihak Rolls Royce yang bertugas memonitoring hal tersebut.

Sensor ini juga bisa mengetahui sipesawat akan berhenti dimana,jam berapa, di gate berapa dan sebagainya. Jika status titik engine itu adalah bewarna merah, hal ini bertanda bahwa si mesin diprediksi akan segera rusak. Mengetahu keadaan tersebut, pihak Rolls Royce akan mengirimkan enginer untuk membetulkan titik mesin yang diprediksi akan rusak. Hal ini akan menanggulangi terjadinya kerugian berbagai pihak yang terlibat kedalam penerbangan pesawat tersebut seperti delay dan uang ganti rugi/kompensasi yang dikeluarkan pihak penerbangan.

Referensi: https://idcloudhost.com/mari-mengenal-apa-itu-internet-thing-iot/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close