People Innovation Excellence
 

THE CYNEFIN FRAMEWORK

Pengertian dari Cynefin Framework yaitu sebuah framework (kerangka kerja) untuk leadership. Seorang pemimpin dapat menggunakan framework ini untuk meningkatkan komunikasi dan pemahaman lingkungan dimana dia berada. Cynefin Framework membagi situasi yang dihadapi seorang pemimpin menjadi lima bagian berdasarkan hubungan sebab dan akibat. Empat dari situasi ini adalah simple, complicated, complex, and chaotic. Sedangkan yang kelima adalah Disorder (sulit ditentukan diletakkan dimana). Di bawah ini merupakan gambaran mengenai cynefin framework secara lengkap :

Gambar 1. The Cynefin Framework

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing kuadran di atas yaitu :

  1. Situasi yang Obvious : Situasi yang memiliki stabilitas dan hubungan sebab akibat yang jelas. Umumnya jawaban yang benar pada situasi ini adalah jawaban yang terbaik dan jarang dipertanyakan kembali. Lingkungan yang dimana dinyatakan sebagai situasi yang sederhana umumnya jarang berubah. Contoh situasi yang sederhana adalah prosedur jual beli barang, dimana telah jelas prosedur pembayaran dan penerimaan barang. Berikut ini adalah masalah yang sering terjadi pada kondisi ini :
  • Sebuah masalah dapat salah dikategorikan kedalam domain simple karena terlalu dianggap sederhana
  • Pemimpin yang sudah merasa nyaman dengan proses yang lama cenderung tidak mau menerima ide baru yang mungkin lebih efektif
  • Perubahan mungkin telat disadari oleh manajer
  1. Situasi yang complicated mempunyai solusi lebih dari satu tetapi hubungan sebab akibat masih tetap jelas. Dalam situasi yang complicated,pemimpin sebaiknya melakukan sense, analyze, and respon untuk mencari solusi dalam situasi ini. Pendekatan untuk mencari solusi pada situasi complicated membutuhkan bantuan seorang ahli/pakar. Situasi ini dapat mempunyai jawaban lebih dari satu, masalahnya adalah mencari jawaban yang terbaik.

Contoh situasi Complicated adalah bila seorang pemakai komputer menyadari adanya kesalahan perhitungan yang dilakukan sebuah program komputer. Untuk memperbaikinya, pemakai komputer memerlukan bantuan seorang programmer untuk mengecek logic yang ada pada program itu dan memperbaikinya. Berikut ini adalah masalah yang sering terjadi pada kondisi ini :

  • Pemimpin hanya mau mendengarkan solusi dari para pakar.
  • Team yang terdiri dari pada pakar umumnya mempunyai resiko untuk gagal karena ego para ahli.
  • Upayakan untuk selalu membawa stakeholderuntuk mempertanyakan pendapat seorang ahli
  1. Situasi yang complexadalah situasi yang tidak mempunyai jawaban yang pasti. Perusahaan dapat berada pada situasi ini bila terjadi perubahan besar seperti iklim bisnis yang buruk, pergantian manajemen, merger, etc. Situasi complex  tidak dapat diprediksi, pemimpin sebaiknya bereksperimen sampai sebuah pola yang jelas muncul. Pemimpin juga harus tetap mempertimbangkan resiko kegagalan eksperimen agar tidak menghamburkan sumber daya, tetapi eksperimen tetap harus agar dapat keluar dari situasi ini.

Pemimpin yang mencoba memaksa untuk membuat masalah complex menjadi teratur umumnya hanya akan menemui kegagalan. Mereka seharusnya mundur dan menunggu sebuah pola muncul dan mementukan pola yang mana yang memiliki kemungkinan terbesar untuk berhasil. Berikut ini adalah masalah yang sering terjadi pada kondisi ini :

  • Manajer memaksa untuk memakai pola “Command and Control” yang sebenarnya hanya cocok untuk masalah simple
  • Manajer takut gagal dan lebih menyukai rencana bisnis yang benar-benar anti gagal.
  • Kegagalan eksperimen cukup mungkin tinggi untuk mendapat pola yang jelas.
  • Kendali yang terlalu ketat sehingga membunuh inovasi
  1. Dalam sebuah situasi kekacauan, perusahaan harus segera mencari jawaban yang tepat, umumnya tidak berguna karena situasinya terus berubah dan tidak mempunyai pola pasti. Situasi kacau mengharuskan pemimpin untuk membangun keteraturan, merasakan dimana stabilitas berada atau hilang, dan bekerja untuk mengubah situasi yang kacau ke  Pada saat situasi kacau telah berubah menjadi complex, pola yang muncul dapat diidentifikasi untuk kemudian dipakai sebagai alat mencegah krisis yang sama dimasa depan dan membuka peluang baru. Komunikasi langsung atasan bawahan tanpa perantara adalah penting, tapi situasi ini tidak memungkinkan untuk menerima input karena batasan waktu.

Pemimpin harus cepat untuk mengubah gaya kepemimpinannya untuk situasi ini. Saat seorang pemimpin telah berhasil mengatasi krisis, mereka harus tetap sadar diri dan tidak mengagungkan diri sendiri. Saat pemimpin krisis terlalu “self centered” karena keberhasilannya, memimpin dikemudian hari akan menjadi susah karena pendukungnya akan selalu menutupinya dari informasi yang akurat.

Situasi kacau dapat menjadi tempat yang baik untuk menumbuhkan inovasi. Salah satu teknik yang baik untuk mengatur kekacauan dan inovasi secara pararel adalah dengan membentuk dua kelompok. Kelompok pertama akan berfokus dalam menyelesaikan masalah, kelompok kedua akan berfokus untuk mencari sebuah ide yang radikal.

Jadi, kerangka ini tidak hanya memberi tahu kita cara mendekati serangkaian situasi yang berbeda, tetapi karakteristiknya juga cukup menjelaskan untuk membantu kita mengenali situasi di mana kita saat ini berada. Anda dapat memiliki solusi hebat, tetapi jika diterapkan dalam konteks yang salah, mereka akan menjadi tidak berharga atau lebih buruk atau berbahaya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close