People Innovation Excellence
 

PROGRAM VS PROJECT

Seringkali dalam suatu organisasi, kita menemukan sosok Project Manager dan Program Manager. Dua istilah ini seringkali disalah artikan dan dianggap merupakan posisi dengan job description yang sama. Namun, pada nyatanya Project Manager dan Program Manager adalah dua hal yang berbeda. Untuk dapat mengerti perbedaan antara dua istilah tersebut, tentu kita harus memahami terlebih dahulu apa itu project dan program.

Proyek dalam bisnis dan ilmu pengetahuan biasanya didefinisikan sebagai sebuah usaha kolaboratif dan juga seringkali melibatkan penelitian atau desain, yang direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu.[1] Proyek bersifat sementara, umumnya memiliki tanggal akhir yang jelas dan tujuan jangka pendek yang dapat dicapai, umumnya terkait dengan biaya, sumber daya, anggaran, dan batas waktu.[2]

Secara umum pengertian proyek adalah kegiatan yang melibatkan berbagai sumber daya yang terhimpun dalam suatu wadah (organisasi) tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk melakukan kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya atau untuk mencapai sasaran tertentu.

Sementara sebuah program didefinisikan sebagai kelompok proyek yang telah ditentukan sebelumnya yang terkait dan dikelola sebagai satu tugas besar (untuk mendapatkan keuntungan bagi organisasi).[3] Dalam kata lain program merupakan suatu kegiatan yang multidisiplin, yang berorientasi pada tujuan, yang dirancang oleh berbagai macam tugas, dengan hasil yang telah ditentukan, untuk dicapai pada kurun waktu tertentu, dan dengan keterbatasan sumberdaya yang ada. Program yang sukses  mendorong manfaat strategis dan pertumbuhan organisasi.

Sehingga istilah Project Manager dan Program Manager dapat kita definisikan sebagai berikut:

Program Manager merupakan pemimpin visioner yang bertanggung jawab dalam menggambarkan daftar-daftar proyek yang diperlukan dalam mencapai tujuan suatu program. Mereka fokus dalam strategi, implementasi, dan bagaimana mendelegasikan proyek secara tepat kepada Proyek Manager. Project Manager-lah yang nantinya akan mengatur keberlangsungan proyek dalam suatu program dengan berkoordinasi mengenai waktu, anggaran, dan sumber daya yang ada. Nantinya, Project Manager akan melaporkan perkembangan dan perubahan suatu proyek kepada Program Manager melalui Initial Project Plan.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa perbedaan atara program manajer dan proyek manajer adalah sebagai berikut:

  • Seorang manajer proyek perlu memantau dan mengelola tugas, sementara seorang manajer program memonitor dan mengendalikan proyek
  • Proyek memiliki durasi yang lebih pendek, sedangkan program dapat bertahan selama bertahun-tahun
  • Proyek memiliki cakupan yang sempit, sedangkan sebuah program memiliki cakupan yang jauh lebih luas
  • Dalam sebuah program, fokus selalu pada manajer (kepemimpinan), sedangkan dalam kasus proyek; Fokusnya adalah pada pengelolaan orang-orang yang terlibat
  • Proyek memiliki permulaan dan akhir yang terdefinisi dengan baik. Di sisi lain, program adalah sekumpulan proyek tanpa akhir yang pasti.

 

[1] http://www.guwe.pro/2017/03/perbedaan-dan-definisi-penting-dari.html

[2] https://www.wrike.com/blog/program-manager-vs-project-manager/

[3] https://id.esdifferent.com/difference-between-project-and-program


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close