People Innovation Excellence
 

Pengenalan User Experience Design

Pengenalan User Experience Design

 

User Experience saat ini sudah menjadi sebuah metode yang sudah banyak dikenal orang untuk melakukan desain suatu produk. Lalu apakah user experience itu? Mari kita lihat definisi user experience dari berbagai sumber :

Menurut belajarkoding.net, User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design yaitu adalah: Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Pengertian lainnya dari medium.com/@dwipriyatmoko, UX (User Experience) adalah suatu pengalaman pengguna (user) saat menggunakan/berinteraksi dengan sebuah produk, yang mana hal ini bersifat subjektif karena berasal pada persepsi dan pemikiran individu yang berhubungan dengan sistem dan apa yang mereka rasakan saat menggunakan sebuah produk.

User Experience berfokus pada pemahaman yang mendalam tentang pengguna seperti apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka hargai, kemampuan yang mereka miliki, dan juga keterbatasan mereka. Selain itu pengetahuan tersebut diperhitungkan untuk menentukan tujuan dan sasaran bisnis kelompok yang dikelola dalam sebuah proyek User Experience. Keuntungan dari pengunaan User Experience adalah peningkatan kualitas interaksi pengguna dengan persepsi produk / layanan terkait lainnya.

Setelah kita mengetahui tentang definisi UX, lalu mengapa sih UX dianggap penting? Jika Anda adalah seorang pebisnis dan mencoba menarik lebih banyak pembeli lewat website atau aplikasi Anda, UX memang jadi sangat penting.

Berikut adalah data penelitian yang mendukung argumen bahwa UX merupakan faktor sangat penting untuk sukses di era serba digital!  (dewaweb.com/blog/user-experience/)

  • Menurut penelitian dari Imaginovation, sebuah lembaga penelitian berbasis di Amerika: Jika konten Anda tidak dioptimalkan dengan baik, sebanyak 79% pengunjung akan keluar dari website Anda dan mencari konten/produk lainnya.
  • Menurut penelitian dari lembaga riset HubSpot: pengguna ponsel 5X lebih punya kecenderungan untuk meninggalkan website Anda jika website tidak dioptimalkan agar sesuai dengan perangkat yang mereka punya. (Gawat kalau setidaknya ada 2/3 pelanggan yang akses website Anda dari ponsel mereka sebenarnya ingin melakukan pembelian pada hari itu juga)
  • Menurut penelitian dari lembaga riset MindTouch: Ini kasus nyata, pendapatan dari website ESPN.com melonjak 35% setelah mereka mendengarkan keluhan pengguna mereka dan mendesain ulang homepage mereka.
  • Menurut Adobe: 39% orang akan berhenti mengakses website jika gambar tidak dimuat-muat atau terlalu lama loading-nya.

Sumber Referensi :

https://belajarkoding.net/apa-itu-user-experience-ux-dan-user-interface-ui/. Diakses tanggal 15 November 2018

https://medium.com/@dwipriyatmoko/proses-dari-ui-ux-designer-part-1-33e330d4b094 . Diakses tanggal 19 November 2018

https://www.usability.gov/what-and-why/user-experience.html Diakses tanggal : 21 November 2018.

https://www.dewaweb.com/blog/user-experience/ . Diakses Tanggal akses : 22 November 2018.

Dibuat oleh : Ferdianto / 1100028605 / Research and Project Coordinator


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close