People Innovation Excellence
 

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Di zaman modern ini, tentu kita tidak asing dengan istilah “teknologi”. Banyak dari kita yang mengartikan teknologi secara sempit, yaitu hanya terbatas pada alat atau mesin yang terhubung dengan tenaga listrik. Padahal sejatinya teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. Melalui pengertian ini, kita juga bisa mengartikan bahwa sebuah pensil juga termasuk teknologi.

Seiring berjalannya waktu, teknologi terus mengalami perubahan. Perubahan ini tentu didasari dengan kebutuhan manusia yang terus berubah. Dalam artikel ini, saya akan membahas perkembangan teknologi dari awal kehidupan manusia sampai hari ini.

  1. Teknologi zaman pra-sejarah

Pra-sejarah adalah masa dimana manusia hidup sebelum mengenal tulisan. Mungkin kita sering mendengar tentang cerita penemuan api oleh manusia zaman dahulu. Api termasuk penemuan teknologi pertama manusia pada zaman ini. Tetapi temuan pertama manusia bukanlah api, melainkan alat-alat batu. Sesuai apa yang dikatakan Mark Moore, seorang arkeolog dari University of New England Armidale, Australia, batu telah dimanfaatkan manusia untuk mempermudah kesehariannya sejak 3.2 juta tahun lalu. Pada zaman ini, manusia cenderung memanfaatkan teknologi yang mereka buat untuk kepentingan mereka sendiri.

  1. Teknologi zaman kuno

Zaman kuno disini yang dimaksud adalah zaman setelah prasejarah sebelum abad pertengahan. Zaman ini rentan waktunya cukup lama, termasuk zaman nabi-nabi, peradaban kuno, dan lain-lain. Sehingga banyak penemuan-penemuan pertama yang menjadi dasar untuk penemuan selanjutnya ditemukan di zaman ini. Peradaban manusia berkembang pesat. Sebagai contoh adalah peradaban Mesir Kuno yang kita kenal dengan pyramidnya. Bahkan teknik bedah plastic sudah ditemukan dasarnya pada zaman ini. Manusia mulai membuat teknologi untuk keperluan masal, seperti kapal dan bangunan. Pada zaman ini manusia juga sudah mengenal tulisan. Ditemukan peninggalan sejarah yang terdapat tulisan.

  1. Teknologi zaman pertengahan

Menurut beberapa sumber, zaman pertengahan adalah sekitar abad ke-5 masehi sampai abad ke-15 masehi. Satu hal yang bisa kita sorot perkembangan teknologi pada masa ini adalah dari sisi seni. Pada masa ini, banyak kesenian-kesenian baru muncul. Jika dilihat dari sisi geografisnya, benua Eropalah rajanya pada masa ini. Perkembangan teknologi hampir semua dipelopori orang-orang Eropa. Ilmu pengetahuan mulai berkembang pesat, dengan ditemukannya rumus-rumus matematika dan teori-teori fisika. Pada zaman ini juga penjelajahan mulai umum dilakukan. Sehingga sudah bisa ditemukan kompas pada zaman ini.

  1. Teknologi era revolusi industri

Manusia yang bertambah banyak menandakan permintaan akan kebutuhan hidup semakin banyak. Teknologi pada masa ini banyak ditemukan berupa mesin-mesin yang mempunyai kemampuan produksi masal. Perkembangan teknologi pada masa ini juga merubah perilaku sosial orang-orang yang ada. Sebenarnya tidak ada periode waktu tertentu untuk era revolusi industri. Revolusi industri pertama kali terjadi pada abad 17 – abad 18. Revolusi industri ditandai dengan perubahan besar hampir di setiap sisi kehidupan manusianya, yang tentu saja tidak bisa lepas dari teknologi. Sekarang, kita tengah bersiap untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

  1. Perkembangan teknologi abad 20 – sekarang.

Teknologi bukan lagi membantu manusia untuk mencukupi kebutuhannya. Teknologi mulai diciptakan untuk memanjakan manusia, untuk dijadikan simbol sosial. Contohnya mobil. Awal penciptaan mobil adalah untuk mempercepat manusia menempuh perjalanan jauh. Logikanya, hal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah mobil sesuai tujuan utamanya adalah ban, bahan bakar, dan mesin. Tapi sekarang kita bisa lihat, mobil bukan hanya sebagai alat transportasi. Dengan segala fitur canggih di dalamnya, mobil seakan menjadi indikator status sosial seseorang. Salah satu lagi contoh teknologi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan manusia, tapi hanya untuk memanjakan manusia adalah sistem belanja online. Manusia tetap bisa belanja tanpa koneksi internet, tapi dengan adanya sistem belanja online, manusia seakan dimanjakan.

Itulah beberapa pembabakan perkembangan teknologi. Jika kita lihat polanya, semakin lama, teknologi bukan hanya membantu kehidupan manusia. Tapi perlahan mulai menggeser dan menggantikan kehidupan manusia. Seperti penggantian tenaga kerja dengan mesin. Selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus berkembang. Untuk itu agar tidak kalah dengan teknologi, kita sebagai manusia yang hidup di era teknologi maju harus bisa mengendalikan teknologi yang ada.

REFRENSI

https://www.nesabamedia.com/sejarah-dan-perkembangan-teknologi/

https://salamadian.com/perkembangan-pengertian-teknologi/

https://ndukuhlor.blogspot.com/2016/08/makalah-sejarah-perkembangan-teknologi.html

https://www.edukasinesia.com/2018/03/pengertian-zaman-prasejarah-dan-pembagian-zaman-prasejarah-beserta-penjelasannya-terlengkap.html

https://historia.id/kuno/articles/alat-batu-teknologi-pertama-manusia-DbN10

https://indocropcircles.wordpress.com/2016/04/02/inilah-10-teknologi-moden-yang-sudah-ada-sejak-zaman-kuno/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close