People Innovation Excellence
 

BUGS, DEFECT, AND ERROR

Kejadian error atau kesalahan di komputer ini bisa terjadi pada semua orang,baik yang awam maupun yang mahir. Kadang kesalahan tidak langsung disadari hingga suatu saat kesalahan tidak kesalahan tersebut langsung mempengaruhi apa yang akan dilakukan.

Terdapat beberapa jenis kesalahan yang umum terjadi pada komputer. Kesalahan itu biasanya baru diketahui ketika komputer beroperasi secara aneh atau tidak berperilaku seperti operasi normal yang biasa dilakukan.

Secara umum, masalah yang terjadi terhadap computer dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Troubleshooting hardware, biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati, dan lain sebagainya.
  2. Troubleshooting software, ditandai dengan lambatnya kinerja komputer.

Ada 3 kondisi yang berkaitan erat dengan troubleshooting yang terjadi pada computer yakni:

  1. Bugs

Bug adalah kesalahan atau kegagalan dalam program komputer sehingga tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Bug merupakan suatu kesalahan desain pada suatu perangkat keras atau perangkat lunak komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya. Bug umumnya lebih umum dalam dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras.

  1. Defects

Defect adalah suatu karakteristik yang mengurangi kegunaan atau value suatu item atau semacam kelemahan, ketidaksempurnaan, atau kekurangan.

Software defect merupakan segala cacat atau ketidaksempurnaan di dalam produk software (program komputer, perencanaan, dokumentasi terkait, atau data) atau proses software (aktivitas, metode dan transformasi yang digunakan untuk mengembangkan dan mengelola produk software).

Ketika ditemukan di dalam executable code, sebuah defect lebih sering disebut fault atau bug. Sebuah fault adalah langkah program, proses, atau data yang salah di dalam program komputer. Fault merupakan defect yang menetap di dalam software sampai software tersebut dieksekusi.

Istilah lain yang berhubungan dengan software defect adalah software problem. Software problem adalah sesuatu yang ditemui manusia dari software yang menyebabkan kesulitan, keraguan, atau ketidaktentuan dalam penggunaan atau pemeriksaan software. Dalam lingkungan dinamik (operasional), beberapa problem/masalah mungkin disebabkan oleh failure. Suatu software failure terjadi selama eksekusi program. Sebuah failure disebabkan oleh fault, yang mana defect ditemukan dalam executable code. Dalam lingkungan statis (non-operasional), seperti inspeksi kode, suatu problem mungkin disebabkan oleh defect. Diantara lingkungan dinamik dan statis, problem mungkin disebabkan oleh kesalahpahaman, kesalahan penggunaaan atau sejumlah faktor lain yang tidak berhubungan dengan produk software yang sedang digunakan.

  1. Error

Istilah Error dianggap berkaitan erat dengan Kekeliruan, tidak tepat, kesalahan secara perangkat lunak, atau kerusakan pada perangkat keras. Dengan terjadinya error ini, maka pelaksanaan perintah tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pada beberapa kejadian, apabila terjadi error, maka perintah yang sedang dikerjakan diberhentikan karena tidak bisa dilanjutkan, seperti tidak ada printer. Namun pada kondisi lainnya, pekerjaan masih bisa dilanjutkan, karena error yang terjadi tersebut tidak terlalu mempengaruhi sistem dan bisa diabaikan, seperti pemutaran suatu media presentasi pada komputer yang tidak mempunyai sound card, proses masih bisa dilanjutkan untuk melihat presentasi tersebut, meskipun dalam kondisi bisu.

 

Persamaan antara ketiga kondisi diatas adalah dapat menghambat selesai waktu dalam penyelesaian program atau perangkat lunak dan biaya yang lainnya, namun ini tentu dapat menjadi pembelajaran untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut demi mengahasilkan suatu perangkat lunak yang berkualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang telah disepakati.
Tentunya tidak ada system buatan manusia yang aman 100%. Namun sebaiknya manusia dapat memperkecil kesalahan maupun kekeliruan terhadap system yang akan dibuatnya dengan memperhatikan analisis kebutuhan dengan secermatnya sehingga dapat tercipta suatu perangkat lunak yang berkualitas.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close