People Innovation Excellence
 

Pentingnya Public Speaking bagi Kebutuhan Mahasiswa

Berbicara merupakan suatu keterampilan berbahasa dan keterampilan berbicara merupakan kompeten yang harus dimiliki oleh setiap orang apalagi pelajar dan mahasiswa. Keterampilan berbicara mempunyai peranan yang sangat vital dalam berkomunikasi. Jika kita berbicara di depan umum, maka penyimak atau audience harus memahami betul apa yang kita sampaikan. Tentu hal ini tidaklah mudah. Untuk menjadi pembicara yang baik , kita harus menguasai penggunaan bahasa, pengetahuan, pikiran, daya ingat, serta kreasi dalam penyampaian dan kesiapan untuk berbicara di depan umum.

Untuk public speaking sangatlah penting bagi mahasiswa. Karena seperti yang kita tahu bahwa peranan dalam kehidupan mahasiswa saat ini sering melakukan presentasi di depan umum. Karena, di saat presentasi kita membutuhkan keahlian untuk bisa menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran kita kepada penyimak atau audience dan dapat di terima.

Berikut adalah jenis-jenis berbicara di depan umum;

  • Berbicara untuk melaporkan

Untuk membahas masalah ini kita perlu mengetahui apa itu laporan. Laporan adalah segala sesuatu yang dilaporkan dalam suatu pertemuan tertentu, biasanya berkaitan dengan suatu hal atau peristiwa yang penting dan menjadi sorotan masyarakat atau menyangkut pelaksanaan kebijakan atau program dan proyek suatu organisasi. Isi dalam suatu laporan tersebut haruslah memuat keterangan-keterangan yang objektif dan harus sesuai dengan fakta yang akurat hasil dari survei dan analisis, selain itu juga penyampaian laporan harus disertai dengan rasa tanggung jawab.

  • Berbicara secara kekeluargaan

Cara yang paling umum menjamin serta memadukan suatu perasaan persahabatan adalah melalui pembicaraan-pembicaraan yang dapat menyenangkan hati.Menciptakan suasana keriangan dengan cara menggembirakan yang membuat kebanggaan menjadi anggota kelompok. Sasaran diarahkan kepada peristiwa-peristiwa kemanusiaan yang penuh kelucuan dan kegelian yang sederhana.

  • Berbicara meyakinkan

Pembicaraan yang bersifat persuasif atau mengajak disampaikan kepada para pendengar bila kita menginginkan penampilan suatu tindakan atau pengerjaan suatu bagian tertentu dari suatu tindakan. Tindakan-tindakan serupa itu mungkin merupakan penerimaan suatu pendirian; pemungutan atau pengadopsian seperangkat prinsip, atau tindakan pelaksanaan tugas-tugas serupa itu

  • Berbicara merundingkan

Berbicara untuk merundingkan atau deliberative speaking pada dasarnya bertujuan untuk membuat sebuah keputusan dan rencana. Dalam berunding keputusan diambil dengan cara hati-hati, sambil meminta nasihat dan penuh pertimbangan dari fakta-fakta yang dijelaskan. Penyampaian argumen untuk menguatkan pendapat lebih tertuju pada intelektual daripada emosi. Tidak memaksakan pendapat tetapi membuat penjelasan untuk meyakinkan atau membuat sadar akan suatu kebenaran.

REFERENSI

Syahri. (2012). Jendela Bahasa. Jenis-jenis berbicara, http://syahri-jendelabahasa.blogspot.com/2012/01/jenis-jenis-berbicara.html.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close