People Innovation Excellence
 

UX Design vs UI Design

Pada zaman dunia digital marketing sekarang ini, penting bagi kita untuk mengetahui strategi-strategi di dalam bisnis yang kita lakukan. Memiliki website atau aplikasi untuk mendukung bisnis kita dirasa belum cukup karena kita bukan hanya menyediakan website atau aplikasi yang menjadi tempat customer melakukan transaksi, namun kita harus memberikan value atau experience kepada pengguna melalui website atau aplikasi bisnis kita yang akan berujung kepada loyalitas customer itu sendiri. Oleh karena itu kita butuh mengenal apa itu UX design maupun UI design. Apa itu UI dan UX design?

UX (User Experience) Design

User Experience merupakan desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna website melalui kesenangan dan kegunaan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna internet atau pengunjung dan produk. Seorang UX designer harus mempertimbangkan mengapa, apa dan bagaimana penggunaan produk. Mengapa melibatkan motivasi pengguna untuk mengadopsi produk, apakah pengguna berhubungan dengan tugas yang ingin mereka lakukan atau nilai dan pandangan yang terkait dengan kepemilikan dan penggunaan produk. Apa mengatasi hal-hal yang dapat dilakukan orang dengan sebuah produk dan bagaimana berhubungan dengan fungsionalitas design yang mudah diakses dan estetis. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat UX Design :

  • Memiliki sebuah visi dalam website yang dibuat

Kita harus tau mengenai sebuah tujuan mengapa kita membuat website tersebut, apa kegunaan dari website ini dan lain-lain. Jika kita memiliki sebuah visi dari website kita, tentu kita tidak akan bingung untuk mengenai website yang kita buat.

  • Mendapatkan inspirasi dari luar

Sebelum membuat sebuah UX design, dengan pengalaman yang masih baru, kita dapat mencari inspirasi dengan website-website sejenis bagaimana dengan substitusi, kombinasi, adaptasi dan modifikasi sumber-sumber yang ada sesuai dengan visi dari website kita.

  • Melakukan usability test dan follow-up

Website yang sudah jadi tidak dibiarkan begitu saja, kita perlu melakukan test secara berkala mengenai bug, melakukan interview dengan orang yang menggunakan website kita dan lain-lain. Dengan hal itu website kita dapat semakin memenuhi user requirement.

UI (User Interface) Design

User Interface adalah design antarmuka yang dilihat oleh pengguna seperti tampilan warna, gambar, logo, yang dapat mempercantik aplikasi atau website kita. UI semakin hari semakin berkembang dimana kita dapat melihat pada aplikasi seperti instagram, gojek, dan aplikasi lainnya yang semakin hari semakin memiliki UI yang terus diperbaharui. Ada 2 hal yang harud diperhatikan oleh seorang UI designer yaitu user dan interface. User ditempatkan paling depan atau diutamakan karena user interface yang baik selalu memperhatikan atau mengutaman user. Berikut ini adalah langkah-langkah di dalam membuat UI design :

  • Coba membuat UI

Kita dapat mulai membuat UI dengan menjiplak design dari website yang ada, tujuannya agar kita terbiasa dengan UI mengenai bentuk tombol, ukuran teks, jarak antar baris kalimat beserta jarak tiap elemennya.

  • Membuat UI kita sendiri

Cara awal yang dapat dilakukan adalah kita dapat menentukan platform, yang ingin kita buat adalah design mobile app, design untuk web atau yang lain-lain. Hal kedua yang dapat dilakukan adalah menentukan tema design nya, kita ingin membuat tampilan untuk makanan, travelling  dan lain-lain. Kemudian kita dapat mulai mencari design dengan website sejenis untuk semakin kita mahir dalam membuat sebuah UI.

  • Mintalah feedback

Setelah membuat UI kita perlu meminta feedback dari teman sesama designer. Dengan adanya feedback membuat kita mendapat banyak masukan dan UI kita dapat semakin baik.

Referensi :

  • https://medium.com/insightdesign/memulai-menjadi-ui-designer-bagian-1-33317e1d1b40
  • https://www.interaction-design.org/literature/topics/ux-design
  • https://www.slideshare.net/borryshasian/tiga-langkah-mudah-membuat-ux-user-experience-website-anda-menjadi-lebih-baik

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close