School of Information Systems

Model-model Diagram UML

Model-model Diagram UML

 

UML (Unified Modeling Language) adalah sekumpulan diagram yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek. UML dapat digunakan untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan. UML dapat dikatakan juga sebagai perkembangan, bahasa pemodelan di bidang rekayasa perangkat lunak yang dimaksudkan untuk menyediakan cara standar untuk memvisualisasikan desain sebuah sistem. UML terdiri dari banyak elemen-elemen grafis yang digabungkan dalam bentuk diagram. Tujuan representasi elemen-elemen grafis ke dalam diagram adalah untuk menyajikan beragam sudut pandang dari sebuah sistem berdasarkan fungsi masing-masing diagram tersebut. Kumpulan dari beragam sudut pandang inilah yang disebut sebuah model.

Berikut diagram-diagram dalam UML:

Structural Diagram

  • Class Diagram: sebuah diagram yang menjelaskan hubungan antar class dalam sebuah sistem yang sedang dibuat dan menjelaskan bagaimana caranya agar mereka saling berkolaborasi.
  • Object Diagram: sebuah gambaran tentang objek-objek dalam sebuah sistem pada satu titik waktu. Karena lebih menonjolkan perintah-perintah daripada classobject diagram lebih sering disebut sebagai sebuah diagram perintah.
  • Component Diagram: diagram yang menampilkan komponen dalam sistem dan hubungan antara mereka.
  • Deployment Diagram: Diagram yang menunjukkan tata letak sebuah sistem secara fisik, menampakkan bagian-bagian software yang berjalan pada bagian-bagian hardware yang digunakan untuk mengimplementasikan sebuah sistem dan keterhubungan antara komponen-komponen hardware 

 

 

Behavioral Diagram

  • Activity Diagram: diagram yang menggambarkan alur kerja dari berbagai aktivitas user atau sistem, orang yang melakukan aktivitas, dan aliran berurutan dari aktivitas ini.
  • Use case Diagram: diagram yang menunjukkan peran user dan bagaimana peran tersebut ketika menggunakan sistem. Use case diagram juga dapat digunakan untuk memprepresentasikan interaksi user dengan sistem dan menggambarkan spesifikasi kasus penggunaan.
  • System Sequence Diagram: diagram yang menggambarkan interaksi user dengan sistem secara sekuensial (berurutan).
  • Collaboration Diagram: diagram yang merupakan bentuk lain dari sequence diagram. Diagram ini menggambarkan struktur organisasi dari sistem dengan pesan yang diterima dan dikirim.
  • Statechart Diagram: diagram yang menggambarkan bagaimana sistem dapat bereaksi terhadap suatu kejadian dari dalam atau luar. Kejadian (event) ini bertanggung jawab terhadap perubahan keadaan sistem.

 

 

 

REFERENCES

GUMANTI, M., GUMANTI, M., & lengkapku, L. (2018). diagram uml. Retrieved from http://mukti362.blogspot.com/2012/09/diagram-uml.html

Ritonga, P., & Ritonga, P. (2018). Pengertian Unified Modeling Language ( UML ) dan Modelnya Menurut Pakar dan Ahli. Retrieved from http://www.bangpahmi.com/2015/04/pengertian-unified-modelling-language-uml-dan-modelnya-menurut-pakar.html

John W. Satzinger. (2012). Introduction to systems analysis and design : an agile, iterative approach. 06. Course Technology. Canada. ISBN: 9781111972264.

Jennifer Alexandra