School of Information Systems

Code Igniter Framework

Code Igniter Framework

Dalam pembuatan suatu alat atau pun aplikasi pasti membutuhkan yang dinamakan dengan kerangka. Kerangka ini sendiri sangat berguna pada proses awal pembuatan sebuah alat atau pun aplikasi. Karena kerangka ini yang akan mengarahkan kemana sebuah alat ataupun aplikasi yang akan dibuat. Pada pembuatan aplikasi, kerangka ini dikenal dengan sebutan Framework. Framework adalah sebuah kerangka atau sebuah software yang memudahkan para programmer dalam pembuatan sebuah aplikasi. Pada framework ini sendiri terdapat beberapa fungsi seperti plugin dan konsep untuk membentuk sebuah aplikasi agar tersusun dan terstruktur secara rapih.

            Code Igniter merupakan sebuah framework php yang menyediakan berbagai library yang diperlukan dalam pembuatan dan pengembangan sebuah website. Code Igniter ini sendiri menggunakan konsep MVC ( Model – View – Controller ) yang memudahkan para programmer dalam menggunakannya.

  • Model adalah sebuah struktur data. Pada model ini dapat dimasukan beberapa fungsi untuk membantu dalam mengambil, memasukan dan mengupdate informasi dari database.

  • View adalah sebuah informasi yang akan ditampilkan ke user. View ini yang akan menjadi halaman – halaman pada website.

  • Controller adalah sebuah penghubung antara model dan view dan juga beberapa resources lain yang diperlukan untuk memproses HTTP request dan meng-generate sebuah halaman website.

Untuk menggunakan framework Code Igniter, ada beberapa software yang dibutuhkan. Berikut software yang dibutuhkan untuk menggunakan framework Code Igniter :

  1. XAMPP atau WAMP

Untuk dapat menjalankan sebuah framework Code Igniter diperlukan sebuah aplikasi untuk dapat menjalankan server pada komputer sendiri atau untuk menjalankan localhost dan juga akses ke sebuah database sendiri seperti MySQL. Dapat menggunakan XAMPP, WAMP atau pun software yang lainnya.

  1. MySQL atau SQL Server

Setiap aplikasi membutuhkan database yang berguna untuk menampung data – data yang diperlukan dalam proses kerja sebuah aplikasi. Dapat menggunakan MySQL, SQL Server atau software lainnya untuk membantu menyimpan data – data yang di perlukan.

  1. Textpad atau Sublime Text

Untuk melakukan koding pada framework Code Igniter dibutuhkan text editor. Dapat menggunakan Textpad, Sublime Text atau text editor yang lainnya.

  1. Code Igniter

Framework Code Igniter dapat di download pada website resminya ( https://codeigniter.com/ ).

Viriya