School of Information Systems

IT Fraud Detection

Fraud analysis (analisis kecurangan) adalah kegiatan menginvestigasi aktivitas yang mencurigakan dan mencegah kecurangan yang dapat terjadi. Seorang fraud analyst bertugas untuk menginvestigasi tindak kecurangan dan/atau pencurian terhadap akun pelanggan dan transaksi pada sebuah organisasi. Fraud analyst melakukan pencarian dan pengawasan terhadap transaksi dan kegiatan yang terjadi dari akun pelanggan. Hal tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi adanya transaksi yang mencurigakan ataupun transaksi yang berisiko, menentukan apakah ada kegiatan yang tidak sesuai, dan menentukan apakah ada ancaman atau risiko terhadap data pelanggan.

Di zaman sekarang ini, data bisnis atau data perusahaan dikelola oleh sistem IT dalam sebuah organisasi. Sehingga, perusahaan-perusahaan lebih mengandalkan sistem IT untuk mendukung proses bisnis. Hal ini dinilai krusial karena data harus aman dari tindak kecurangan. Sehingga, perusahaan harus dapat melakukan deteksi kecurangan yang mungkin dapat terjadi melalui tindakan-tondakan control.

Deteksi kecurangan dalam IT merujuk pada identifikasi dari kecurangan actual ataupun kecurangan yang mungkin dapat terjadi dalam sebuah organisasi. Implementasi sistem yang tepat untuk mendeteksi kecurangan pada tahap awal sebelum terjadinya kecurangan adalah hal yang harus perusahaan lakukan. Deteksi kecurangan terdiri atas beberapa teknik di bawah ini:

  1. Proactive and Reactive
  2. Manual and Automated

Teknik deteksi kecurangan bertujuan untuk mencari kecurangan-kecurangan baru dan menemukan kecurangan tradisional yang pernah terjadi. Hal ini memiliki keuntungan bagi organisasi, antara lain:

  • Mengurangi tingkat tindak kecurangan
  • Mengurangi biaya yang berkaitan dengan kecurangan
  • Mencari karyawan yang berpotensi melakukan tindak kecurangan
  • Melakukan control organisasi
  • Meningkatkan kinerja organisasi
  • Mendapatkan kepercayaan dan kepercayaan diri shareholders

Referensi:

Bandele, O. (2018, August 10). Some Effective Techniques of Fraud Detection Analytics. Retrieved from EDUCBA: https://www.educba.com/fraud-detection-analytics/

Nanda Feronika