People Innovation Excellence
 

Knowledge Management Strategy and Value of KM

      Knowledge Mangement Strategy merupakan pendekatan berbasis isu untuk menentukan strategi operasional dan tujuan dengan prinsip Knowledge Management. Hasilnya adalah cara untuk menentukan bagaimana organisasi terbaik dapat memanfaatkan sumber daya pengetahuan.

  • GAP Analysis

Analisa GAP digunakan untuk menentukan langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk berpindah dari kondisi saat ini ke kondisi pada masa yang akan datang. Banyak orang menyebutnya menjadi analisa kebutuhan (GAP), penilaian kebutuhan atau analisis kebutuhan saja. Analisa GAP juga dapat diartikan sebagai perbandingan kinerja aktual dengan kinerja potensial.

  • Knowledge Audit

Knowledge Audit merupakan aktifitas yang sangat penting sebelum penerapan Knowledge Management atau setelahnya. Knowledge Audit menghasilkan informasi yang sangat penting bagi Knowledge Management, seperti macam-macam pengetahuan yang ada, sumber pengetahuan, siapa yang menggunakan pengetahuan, bagaimana bentuk berbagi pengetahuan, tujuan bisnis yang dicapai dari sumber pengetahuan dan infrastruktur yang dapat mendukung Knowledge Management.

  • The KM Strategy Roadmap

Berisi langkah-langkah dalam menyusun strategi, merancang, mengembangkan, dan menerapkan inisiatif Knowledge Management yang memberikan dampak pada sebuah bisnis.

  • Balancing Innovation and Organizational Structure

Sebuah keseimbangan antara inovasi dan struktur organisasi harus ada untuk mendapatkan sebuah hasil yang diinginkan dari strategi Knowledge Management yang baik.

  • The Balanced Scorecard Method

Metode Balanced Scorecard (BSC) adalah pengukuran dan sistem manajemen yang memungkinkan organisasi untuk mengklarifikasi visi dan strategi mereka dan melakukannya ke dalam tindakan. Pendekatan Balanced Scorecard Method (BSC) memiliki keunggulan dalam sistem perencanaan strategis, yaitu mampu menghasilkan rencana strategis, yang memiliki karakteristik sebagai berikut: komprehensif, koheren, seimbang, dan terukur

  • The House of Quality Method

Digunakan dan dikembangkan untuk menunjukkan hubungan antara kualitas, karakteristik kualitas, dan karakteristik proses. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Diagram Fishbone.

  • The Results-Based Assessment Framework

Kerangka akuntabilitas manajemen berbasis hasil (RMAF) telah menjadi framework yang paling banyak digunakan untuk penilaian kinerja umum.

 

References

Kimiz Dalkir,,. (-). Knowledge management in theory and practice. 02. TMP. Cambridge.

KM Strategy and The Value of KM. (2018). KMProject. Retrieved 20 April 2018, from https://knowledgemene.wordpress.com/2014/01/18/km-strategy-and-the-value-of-km/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close