School of Information Systems

Suka UX? Pekerjaan Ini bisa jadi Opsi Untukmu

UI dan UX sedang berkembang saat ini. Namun, kebanyakan orang hanya tau pekerjaan sebagai UX Designer saja, padahal sebenarnya terdapat pekerjaan-pekerjaan lain yang berhubungandengan UI dan UX. Berikut pekerjaan-pekerjaan yang bisa menjadi opsi kalian:

  1. UX Designer

Merupakan orang dengan keahlian disain, berkolaborasi untuk produk yang lebih baik dgn mencari ‘sweet spot’ antara pengguna-bisnis-teknologi.

Keahlian yang harus dimiliki seorang UX Designer adalah:

  • Membuat wireframes atau mendesain mockup (disain dari screen/webpage). Software yang biasanya digunakan adalah sketch, adobe photoshop dan illustrator
  • Memahami sedikit tentang ekonomi dan data analytics dan memahami tren teknologi
  • Terkadang ada beberapa perusahaan yang meminta seorang UX Designer untuk memahami basic programming

  1. UX Researcher

UX Researcher melakukan riset sebelum UX Designer melakukan desain sebuah UX agar apa yang didesain oleh UX desainer sesuai dengan kebutuhan dan keinginan user.

Tugas seorang UX Researcher adalah:

  • Mengadakan usability research baik online maupun secara langsung dan memberi rekomendasi untuk perkembangan proyek
  • Melakukan test terhadap business requirement menggunakan metode heuristik ataupun kualitatif
  • Menentukan kebutuhan user dengan menjalankan analisis yang berfokus pada tugas
  • Bekerjasama dengan graphic designer untuk mengetes hasil yang telah diusulkan

  1. UX Engineer

Seorang UX Engineer harus memiliki kemampuan analisis yang baik, memiliki komitmen untuk kualitas, etika kerja yang kolaboratif dan kemampuan coding yang baik. Seorang UX Engineer harus menguasai JavaScript, CSS dan HTML, dan menjalankan portofolio teknologi web yang baru dan lama-semuanya untuk menjalankan fitur yang inovatif kepada pengguna.

Tugas seorang UX Engineer:

  • Bekerjasama dengan UX Designer, project manager dan back-end engineer untuk mengimplementasikan front-end dan pengembangan web.
  • Mendesain dan mengembangkan front end yang digunakan oleh user.

Evelyn Pricilia

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031