People Innovation Excellence
 

Distributed DBMS

  1. Distributed DBMS

Sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengelolaan database terdistribusi dan membuat distribusi transparan kepada pengguna.Sebuah Distributed database Management System (DDBMS) terdiri dari database logis tunggal yang dibagi menjadi beberapa fragmen. Setiap fragmen disimpan pada satu atau lebih komputer dibawah kontrol dari DBMS yang terpisah, dengan komputer yang terhubung dengan jaringan komunikasi. Setiap situs yang mampu secara mandiri memproses permintaan pengguna yang membutuhkan akses ke data lokal (yaitu, setiap situs memiliki beberapa tingkat otonomi daerah) dan juga mampu mengolah data yang tersimpan di komputer lain dalam jaringan.Pengguna mengakses database didistribusikan melalui aplikasi. Aplikasi diklasifikasikan sebagai orang-orang yang tidak memerlukan data dari situs lain (aplikasi lokal) dan orang-orang yang memang membutuhkan data dari situs lain (aplikasi global). Kami memerlukan DDBMS memiliki setidaknya satu aplikasi global.

Karakteristik Distributed Database Management System

Sebuah DDBMS memiliki karakteristik sebagai berikut:

    -Data ini dibagi menjadi beberapa fragmen

    -Fragmen dapat direplikasi

    -Fragmen / replika dialokasikan ke situs

    -Situs yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi

    -Data di setiap lokasi adalah di bawah kendali DBMS

    -DBMS di setiap situs dapat menangani aplikasi lokal, secara otonomi

    -Setiap DBMS berpartisipasi dalam sedikitnya satu aplikasi global

Hal ini tidak perlu untuk setiap situs dalam sistem untuk memiliki database lokal sendiri, seperti yang digambarkan oleh topologi dari DDBMS yang ditunjukkan pada gambar.Dari defination dari DDBMS, sistem ini diharapkan untuk membuat distribusi transparan (tak terlihat) ke pengguna. Dengan demikian, fakta bahwa database terdistribusi dibagi menjadi fragmen yang dapat disimpan pada komputer yang berbeda dan mungkin direplikasi harus disembunyikan dari pengguna. Tujuan dari transparansi adalah membuat sistem terdistribusi muncul seperti sistem terpusat. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai prinsip dasar dari DBMS terdistribusi. Persyaratan ini menyediakan fungsionalitas yang signifikan bagi pengguna akhir tetapi, sayangnya, menciptakan banyak masalah tambahan yang harus ditangani oleh DDBMS.

2.  Distribusi Pengolahan Hal ini penting untuk membuat perbedaan antara DBMS terdistribusi dan pemrosesan terdistribusi.Distributed Processing adalah database terpusat yang dapat diakses melalui jaringan komputer.Titik kunci dengan definisi DBMS terdistribusi adalah bahwa sistem terdiri dari data yang didistribusikan secara fisik di sejumlah situs dalam jaringan.

Data yang terpusat, meskipun pengguna lain dapat mengakses data melalui jaringan, kita tidak menganggap ini menjadi DBMS terdistribusi, hanya didistribusikan pengolahan. Kami menggambarkan topologi pengolahan terdistribusi pada gambar. Bandingkan angka ini, yang memiliki pusat data di situs 2, dengan angka yang ditunjukkan beberapa situs masing-masing dengan database mereka sendiri (DB).

 3. DBMS paralel Paralel DBMS adalah DBMS berjalan di beberapa prosesor dan disk yang dirancang untuk melaksanakan operasi secara paralel, bila memungkinkan, dalam rangka meningkatkan kinerja. DBMSs paralel lagi didasarkan pada gagasan bahwa proses tunggal dari sistem tidak bisa lagi memenuhi persyaratan yang berkembang untuk biaya-efektif skalabilitas, kehandalan, dan kinerja. Sebuah alternatif yang kuat dan menarik secara finansial untuk satu DBMS prosesor berbasis adalah DBMS paralel didorong oleh beberapa prosesor.

DBMS paralel menghubungkan beberapa, mesin yang lebih kecil untuk mencapai throughput yang sama sebagai single, mesin yang lebih besar, sering dengan skalabilitas yang lebih besar dan kehandalan dari DBMS prosesor tunggal.Untuk memberikan beberapa prosesor dengan akses umum untuk database tunggal, DBMS paralel harus menyediakan manajemen sumber daya bersama. Mana sumber daya bersama, dan bagaimana sumber daya bersama diimplementasikan, secara langsung mempengaruhi kinerja dan skalabilitas dari sistem, yang, pada gilirannya, menentukan kesesuaian untuk lingkungan aplikasi tertentu.

Sumber: Thomas Connolly and Carolyn Begg. 2015. Database Systems: A Practical Approach To Design, Implementation, and Management. Pearson Education. USA. ISBN:978-1-292-06118-4  


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close