School of Information Systems

DESAIN SISTEM DENGAN UML (PART 4)

Langkah pertama dalam mengembangkan sebuah SSD berdasarkan use case “Look up item availability” adalah untuk menentukan objek yang diperlukan. Informasi yang dikembalikan merupakan hasil temuan dalam hirarki navigasi yang terdiri dari empat objek, yaitu Katalog, ProductItem, CatalogProduct, dan InventoryItem. Object controller “AvailabilityHandler” perlu ditambahkan dalam list objek, karena controller objek ini merupakan hal yang penting dan mendasar dan merupakan message router. Setelah sebuah objek teridentifikasi, maka objek tersebut akan digunakan untuk mengganti :Sistem yang diinitial sebagai balck box di SSD. Sekarang dimungkinkan untuk memastikan jenis message yang diperlukan untuk melayani permintaan utama seperti inquireOnItem(catalogID, proID, ukuran). Keputusan tentang message apa yang diperlukan dan yang objek apa terlibat, didasarkan pada prinsip – prinsip perancangan yang dijelaskan sebelumnya copling, cohesi, responsibility, dan controller.

Perlu penambahan beberapa terminologi dan notasi untuk menyempurnakan lebih lanjut dari urutan di SSD. Pertama, perhatikan activation lifeline yang berbentuk segi empat sempit yang diletakkan diatas lifeline objek secara vertikal. Activation lifeline ini merepresentasi periode sebuah objek aktif dan sedang dieksekusi. Untuk hal ini, bisa dikembangkan menjadi lebih luas dan lengkap dengan rincian seperti class user-interface, indeks, dan mungkin juga database.

Tiga pekerjaan berbeda dapat dilakukan ketika merancang use case atau skenario dengan sequence diagram:

  • Ambil setiap message input dan tentukan semua message internal yang dihasilkan dari input tersebut.
  • Pastikan untuk mengidentifikasi kelengkapan class yang akan terpengaruh oleh message di atas.
  • Lengkapi komponen untuk setiap message, seperti iterasi, true/false kondisi, return value, dan parameter yang dikirim.

Ketiga hal di atas sangat membantu, tapi tidak selalu pasti, karena mereka didapatkan dari problem domain classes.

Sugiarto Hartono