School of Information Systems

MENGHITUNG ROI  (PEMODELAN DATA)

DEFINISI ROI

Formula Return on Investment (ROI) sederhana mengungkapkan keinginan sebuah investasi dalam hal persentase keuntungan atas pengeluaran investasi asli.

Return on Investment = Net Benefit / Net Investment Cost * 100

Dalam ROI Pemodelan data, itu diekspresikan sebagai:

Return on Investment = Net Savings Due to Data Modeling / Net Investment Cost in Data Modeling * 100

Misalnya, jika penghematan karena pemodelan data adalah $ 250.000, dan biaya pemodelan data adalah $ 125.000, maka pengembalian investasi adalah 200%.

ROI sendiri tidak mempertimbangkan nilai waktu uang atau umur ekonomis proyek.

Tiga metode penentuan ROI akan dibahas dalam makalah ini:

  1. Analisis biaya / manfaat
  2. persen penghematan pembangunan
  3. Persen penghematan perawatan

Ini merupakan beberapa pendekatan valid untuk menghitung pemodelan data ROI. Terserah Anda untuk memilih pendekatan yang paling sesuai dengan perhatian audiens bisnis Anda. Beberapa situasi kompleks mungkin memerlukan banyak metode.

METODE 1 :  COST/BENEFIT ANALYSIS

Pendekatan dasar ini mengumpulkan berbagai biaya dan manfaat dan membandingkannya. Prosesnya hanya untuk mengidentifikasi biaya yang dapat diukur, mengidentifikasi manfaat yang direalisasikan, dan kemudian mengukur setiap manfaat sebagai penghematan biaya.

Semakin lengkap dan terperinci rincian biaya dan tabungan, semakin baik analisis biaya / manfaatnya. Analisis yang lebih rinci membuat analisis biaya / manfaat lebih akurat. Ini juga memberi manajemen proyek pemahaman yang lebih baik tentang tugas proyek.

Mengidentifikasi biaya dan manfaatnya tidak selalu menjadi tugas yang mudah. Sebagai aturan umum, disarankan mengumpulkan poin data sebanyak mungkin untuk membuat analisis lebih realistis dan mudah dipercaya. Terserah Anda untuk memutuskan bagaimana mengungkapkannya dalam dua faktor: unit ukuran dan granularitas. Unit pengukuran khas adalah dolar, jam, persen, FTE (pegawai tetap). Ini dapat dikumpulkan oleh proyek, tahap pengembangan proyek atau tugas proyek, yang mewakili granularitas yang berbeda. Misalnya, biaya dan manfaat dapat diukur dalam jumlah rupiah berdasarkan proyek, atau FTE berdasarkan fase proyek, atau kombinasi lainnya.

MENGIKUTI BIAYA PEMODELAN DATA

Tabel 1 adalah daftar umum kategori biaya. Beberapa biaya, seperti biaya perangkat keras, perangkat lunak, pelatihan dan dukungan, sebenarnya bisa menjadi biaya hangus karena alat pemodelan data akan berjalan di server yang ada di beberapa proyek. Biaya tenaga kerja dapat diperkirakan dan dicatat berdasarkan proyek per proyek. Ini adalah bagian dari proses perencanaan proyek yang normal.

Tabel 1

Tabel 2, Tingkat Buruh Per Jam oleh Peranan, akan membantu pengumpulan tenaga kerja yang terlibat dalam sebuah proyek untuk semua metode. Ini dapat disesuaikan untuk anggota tim tertentu dan tarif per jam.

Tabel 2

Sumber : TOM HAUGHEY, INFOMODEL, LLC

Sulistyo Heripracoyo