School of Information Systems

Tacit dan Explicit Knowledge

Knowledge merupakan informasi yang dikombinasikan dengan pengalaman. Menurut Nonaka dan Takeuchi (1995) terdapat dua jenis knowledge, yaitu: Tacit Knowledge dan Explicit Knowledge.

  • Tacit Knowledge

Pengetahuan yang terdapat di dalam otak atau pikiran seseorang sesuai dengan pemahaman dan pengalaman orang itu sendiri. Biasanya pengetahuan ini tidak terstruktur, susah untuk didefinisikan dan diberitahukan dengan bahasa formal kepada orang lain dan isinya mencakup pemahaman pribadi. Pengetahuan ini umumnya belum terdokumentasi karena pengetahuan ini masih terdapat di dalam pikiran seseorang. Tacit Knowledge memiliki ciri-ciri, yaitu:

  • Tacit diperoleh dari pengalaman, pengalaman yang pernah dirasakan
  • Tidak mudah dikomunikasikan atau diberikan kepada orang lain karena sulit untuk di ekspresikan
  • Pengetahuannya dapat di transfer secara efektif melalui bertatap muka (person to person), yaitu pengetahuan yang di dapat oleh kita akan mudah untuk di transfer melalui percakapan dari kita ke orang lain.

Contoh:

  • Saat seseorang ingin belajar masak, orang tersebut melihat dulu video memasak melalui acara televisi atau youtube, lalu kemudian mempraktekkannya.
  • Ketika seorang chef yang sedang memasak kemudian memberitahukan resepnya dengan berbicara: beri saja garam “secukupnya” atau beri saja gula “secukupnya”, kata secukupnya ini sulit untuk diutarakan karna orang tersebut tidak pernah mengukur seberapa banyak gula atau garam yang dibutuhkan
  • Explicit Knowledge

Pengetahuan yang sudah dikumpulkan serta diterjemahkan ke dalam suatu bentuk dokumentasi (rangkuman) sehingga lebih mudah dipahami oleh orang lain. Pengetahuan ini bersifat formal dan mudah untuk dibagikan ke orang lain dalam bentuk dokumentasi karena umumnya merupakan pengetahuan yang bersifat teori yang mempermudah seseorang dalam membagi pengetahuannya kepada orang lain melalui buku, artikel dan jurnal tanpa harus datang langsung untuk mengajari orang tersebut. Dalam proses penerapannya, pengetahuan explicit lebih mudah karena pengetahuan yang diperoleh dalam bentuk tulisan atau dokumentasi

Contoh:

  • Saat seseorang ingin belajar masak, orang tersebut membeli buku resep masakan di toko buku. Sesudah membaca buku resep masakannya, orang tersebut langsung mempraktekannya.
  • Buku panduan matematika yang sudah dilengkapi dengan trik-trik untuk menyelesaikannya sehingga orang yang ingin menggunakannya dapat lebih mudah memahami buku tersebut.

 

REFERENCES

Kimiz Dalkir,,. (2011).Knowledge management in theory and practice. 2nd Edition. TMP. Cambridge.

Jennifer Alexandra