School of Information Systems

Roles in Database Environment

Dalam sebuah kegiatan baik binsnis maupun bidang lain, pada zaman ini tentunya menggunakan teknologi. Sebagai contoh, perusahan pasti mempunya sebuah aplikasi untuk mendukung kegiatan dan proses bisnis baik untuk operasional sehari-hari maupun untuk level managerial dan strategic. Aplikasi yang digunakan tentunya ahrus didukung oleh sebuah penyimpanan data, yaitu database. Semua perusahaan pasti memiliki database, bagaimana model atau jenisnya, database sangat dipelukan. Database menampung dan menyimpan segala data yang sangat banyak dan terus bertambah seiring dengan berjalannya bisnis. Data-data yang disimpan tersebut tentunya adalah data yang penting dan akan sangat bermanfaat untuk dianalisis dan menjadi pendukung pengambilan keputusan maupun penentuan strategi kedepannya.

            Ada beberapa peranan yang dalam pengelolaan database, yaitu:

  • Data Administrator (DA)

DA adalah admin yang biasanya ada pada proses operasional. Bagian mengelola data maupun sumber data yang ada.

  • Database Administrator (DBA)

DBA adalah orang yang bertugas untuk melakukan implementasi atau realisasi dari rancangan fisik database. DBA juga yang bertugas dalam melakukan kontrol terhadap keamanan dan integritas database.

  • Database Designers
  • Logical

Merancang database secara conceptual dan logical dengan mengidentifikasi entitas-entitas yang ada beserta hubungannya. Selain itu juga memberikan integrity constraint pada tabel yang dibuat.

  • Physical

Menentukan bagaimana merealisasikan rancangan logical yang sudah ada menjadi rancangan fisik untuk diimplementasikan.

  • Application Developers

Application Developers biasa dikenal dengan programmers, database tentunya tidak berjalan sendiri. Ada aplikasi yang menghubungkan user dengan database itu sendiri. Programmers inilah yang membangun aplikasi yang berhubungan dengan database.

  • End User

End User di sini maksudnya adalah pengguna akhir. Orang yang menggunakan aplikasi dan mengakses database yang ada. Jika konteksnya dalam perusahaan, salah satu end usernya adalah karyawan perusahaan.

Referensi:

Thomas Connolly and Carolyn Begg. (-). Database Systems: A Practical Approcah to Design. Implementation, and Management 06. Pearson education. USA. ISBN: 978-1-292-06118-4.

Fransisca